Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Adat Istiadat

May
29
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized
Adat istiadat, yaitu suatu tingkah laku seseorang yang terjelma dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mencerminkan jiwa atau kepribadiannya. Bangsa Indonesia yang tersebar di seluruh Nusantara terdiri atas berbagai macam suku bangsa, kebudayaan, adat-istiadat, dan agama serta kepercayaan, di mana setiap suku atau daerah mempunyai adat istiadat yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak berarti melemahkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, tetapi memberi identitas kepada bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, yang menambah kasanah kebudayaan daerah Indonesia.
Adat istiadat yang merupakan tingkah laku tersebut sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupannya sehingga semua orang yang menjadi anggota masyarakat akan mematuhinya. Setiap kelompok masyarakat dikepalai oleh seorang kepala adat atau pimpinan adat. Seandainya ada orang yang melanggar kebiasaan, tetapi tidak diambil tindakan oleh kepala adat, maka pelanggaran tersebut masih dianggap pelanggaran terhadap adat istiadat atau melanggar sopan santun di daerah tersebut. Akan tetapi, apabila pelanggar adat istiadat dikenakan sanksi oleh kepala adat maka pelanggar tersebut sudah memasuki hukum adat.
Jadi, pengertian adat istiadat tidak sama dengan hukum adat. Hanya adat istiadat yang mempunyai sanksilah menjadi hukum adat. Sanksi tersebut yang menjatuhkan adalah kepala adat sebagai wakil dari masyarakat adat. Adat istiadat adalah kebiasaan-kebiasaan yang sering dilaksanakan oleh masyarakat dan dengan seringnya tadi maka dianggap sebagai suatu peraturan (hukum).
Pengertian hukum adat belum ada kesatuan pendapat atau belum ada satu definisi. Akan tetapi, pada umumnya dinyatakan bahwa hukum adat adalah:
a. selalu ditaati oleh masyarakat;
b. tidak dibuat oleh badan negara yang resmi (lembaga adat);
c. tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat;
d. mempunyai sanksi.
Dengan memelajari hukum adat suatu bangsa, berarti dapat mengetahui tinggi atau rendahnya kebudayaan bangsa tersebut.
Hukum adat selalu berkembang, namun demikian tidak akan hilang/lenyap. Hal ini disebabkan hukum adat mempunyai unsur kenyataan dan kejiwaan atau psikologis. Menurut wujudnya, hukum adat dapat dikelompokan sebagai berikut.
a. Berwujud tidak tertulis, ini hanya sebagian kecil saja dari hukum adat.
b. Berwujud yang tertulis, ini hanya sebagian kecil saja dari hukum adat.
c.  Berwujud uraian hukum yang disusun oleh ahli sebagai hasil dari penelitiannya.
Walaupun hukum adat tidak dibuat oleh badan yang berwajib dan tidak tertulis, kenyataannya mempunyai kekuatan mengikat atau daya berlaku atau kekuatan mengikat materiil.
Besar kecilnya kekuatan berlakunya tergantung pada kebijaksanaan kepala adat. Apabila peraturan membawa kebahagiaan masyarakat, berarti peraturan ini mempunyai kekuatan besar Sebaliknya, apabila memberatkan masyarakat dengan sendirinya tidak ditaatinya dan mempunyai kekuatan kecil.
to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Adat Istiadat

Tuesday 2 June 2015 | Uncategorized

Selain sebagai makhluk Individu, manusia juga merupakan makhluk sosial. Oleh karena itu mansusia tidak bisa hidup…

Monday 15 May 2017 | Uncategorized

Silahkan bagi anda ingin mengikuti artikel baru dari GWI Indonesia Banget, di https://gpswisataindonesia.info atau http://bit.ly/2laroO7. Terima…

Tuesday 27 June 2017 | Uncategorized

senatahadventureblog to share...Komentar No related posts.

Tuesday 25 July 2017 | Uncategorized

Halo sob , kali ini saya mau update dan membagikan┬áNgintip Pesona Air Mancur Menari Plaza Manahan…