Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

May
29
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dikumandangkan oleh Soekarno – Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah menyatakan kepada dunia luar (bangsa-bangsa yang ada di dunia) maupun kepada bangsa Indonesia sendiri bahwa sejak saat itu Bangsa Indonesia telah merdeka. Pernyataan kepada dunia luar juga untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu sudah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain secara layak sebagai bangsa dan negara yang mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat serta hak dan kewajiban yang sama dengan bangsa-bangsa lain yang sudah merdeka dalam pergaulan antar bangsa di dalam hubungan internasional.
Teks proklamasi 17 Agustus 1945, berisi suatu pernyataan kemerdekaan yang memberi tahu kepada bangsa Indonesia sendiri dan kepada dunia luar bahwa saat itu bangsa Indonesia telah merdeka, lepas dari penjajah. Kemerdekaan yang kita peroleh tidak boleh diganggu gugat dan dihalang-halangi. Bangsa Indonesia benar-benar telah siap untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diproklamasikan.
Makna proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dapat dipandang dari berbagai aspek.
a.         Dari sudut ilmu hukum, proklamasi atau pernyataan yang berisikan keputusan bangsa Indonesia telah menghapuskan tata hukum kolonial dan diganti tata hukum nasional.
b.         Dari sudut politik-ideologis, proklamasi atau pernyataan yang berisikan keputusan bangsa Indonesia telah berhasil melepaskan diri dari segala belenggu penjajahan dan sekaligus membangun kehidupan baru, yaitu kehidupan negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.
            Menurut Mr. Moh. Yamin, proklamasi kemerdekaan ialah suatu alat hukum internasional untuk menyatakan kepada rakyat dan seluruh dunia bahwa bangsa Indonesia mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri untuk mengemban seluruh hak kemerdekaan yang meliputi bangsa, tanah air, pemerintahan, dan kebahagiaan rakyat.
            Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 juga dapat dipandang sebagai puncak perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya. Perjuangan rakyat tersebut telah mengorbankan harta benda, darah, dan jiwa berlangsung berabad-abad lamanya, untuk membangun persatuan dan kesatuan serta merebut kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah.
            Proklamasi 17 Agustus 1945 juga merupakan mercusuar yang menunjukkan jalannya sejarah. Proklamasi memberi inspirasi dan motivasi perjuangan bangsa Indonesia di semua bidang kehidupan. Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 bertujuan untuk kebahagiaan seluruh rakyat Indonesia. Dengan berhasil memproklamasikan kemerdekaan, maka bangsa dan negara Indonesia telah lahir sebagai bangsa dan negara yang merdeka baik secara de facto maupun secara de jure.
Sedangkan pernyataan kepada bangsa Indonesia sendiri juga untuk memberikan dorongan dan rangsangan bagi bangsa Indonesia, bahwa sejak saat itu bangsa Indonesia mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang sudah merdeka dalam pergaulan dunia, sehingga mempunyai hak dan kewajiban untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperoleh dan memperjuangkan tercapainya cita-cita nasional bangsa Indonesia.
                  Beberapa makna penting dalam perjuangan bangsa kita yaitu sebagai berikut.
a. Makna Kelahiran
Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan oleh Soekarno–Hatta memiliki makna kelahiran, yaitu lahirnya sebuah kelahiran negara baru yang bernama ”Indonesia”. Bangsa Indonesia telah menyatakan kepada dunia luar (bangsa-bangsa yang ada di dunia) dan kepada bangsa Indonesia sendiri bahwa sejak saat itu (tanggal 17 Agustus 1945) bangsa Indonesia telah merdeka.
b. Makna Mandiri
Pernyataan merdeka dari bangsa Indonesia juga mempunyai arti sejak saat itu bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri beserta tanah airnya dalam segala aspek kehidupan. Dengan demikian, berarti bahwa bangsa Indonesia akan menyusun negara sendiri dengan tata aturan sendiri, sehingga pada saat itu telah berdiri negara baru, yaitu negara Indonesia.
c. Makna Politik
Lahirnya negara Indonesia lewat proklamasi kemerdekaan sekaligus menunjukkan, proklamasi kemerdekaan memiliki arti politik yang tinggi. Proklamasi kemerdekaan itu sendiri sebenarnya merupakan keputusan politik karena terutama dimaksudkan untukmemberitahukan kepada dunia tentang lahirnya sebuah negara. Peristiwa yang berkaitan dengan negara dalam hal ini berdirinya sebuah negara merupakan peristiwa politik karena salah satu pengertian politik sendiri adalah hal-hal yang terkait dengan ketatanegaraan.
** pembacaan Proklamasi kemerdekaan oleh Ir. Soekarno
d. Makna Persamaan dan Keadilan
Proklamasi kemerdekaan juga mengandung makna persamaan dan keadilan. Proklamasi kemerdekaan telah mengembalikan persamaan dan keadilan kepada bangsa Indonesia. Berdasakan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagai bangsa, Indonesia berhak memiliki kedudukan yang sama dengan bangsa-bangsa lain di dunia serta berhak pula mendapat perlakuan yang adil.
f. Makna Persatuan
Sangat jelas bahwa proklamasi kemerdekaan memiliki makna persatuan. Salah satu faktor yang memungkinkan kemerdekaan itu sendiri diproklamasikan adalah persatuan. Hampir tidak mungkin bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada saat itu jika persatuan di antara para pemimpin dan tokoh serta rakyat belum atau tidak terbentuk.
Umumnya unsur-unsur bangsa Indonesia menyadari bahwa untuk mencapai kemerdekaan diperlukan persatuan. Kesadaran ini sudah tumbuh sebelum kemerdekaan diproklamasikan bahwa persatuan merupakan prasyarat bagi kemerdekaan kemudian menjadi terbukti setelah kemerdekaan itu sendiri salah satunya dicapai dengan persatuan di kalangan rakyat Indonesia dan para pemimpin. Makna dari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 juga dapat dipandang dari berbagai segi, antara lain sebagai berikut.
1) Hukum
Dari sudut ilmu hukum, maka proklamasi atau pernyataan yang berisikan keputusan bangsa Indonesia telah menghapuskan tata hukum kolonial digantikan dengan tata hukum nasional (Indonesia).
2) Politik-Ideologis
Dari sudut politik-ideologis maka Proklamasi 17 Agustus 1945 atau pernyataan yang berisikan keputusan bangsa Indonesia telah berhasil melepaskan diri dari segala belenggu penjajah dan sekaligus membangun perumahan baru yaitu perumahan negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.
Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang diperjuangkan oleh para pendiri negara memberikan makna bagi kita semua yang patut diteladani. Beberapa hal berikut ini sebagai motivasi para pendiri negara dalam memperjuangkan terwujudnya Indonesia merdeka.
a.    Adanya keyakinan bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa.
b.     Kemerdekaan merupakan pintu gerbang atau jalan yang memungkinkan suatu bangsa untuk dapat menikmati kehidupan yang wajar, yaitu kehidupan yang bebas, bersatu dan dapat merencanakan serta menata sendiri kehidupan yang dicita-citakannya.
c.     Terwujudnya kemerdekaan bangsa Indonesia tidak dapat diharapkan dari pemberian bangsa lain. Untuk mencapai kemerdekaan harus ada kebersamaan kehendak yang kuat dari setiap warga.
d.     Kehendak untuk merdeka diyakini sesuai dengan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa.
e.     Adanya cita-cita bersama seluruh bangsa Indonesia untuk membentuk suatu pemerintahan Negara Indonesia. Tujuan dari pembentukan pemerintahan Negara Indonesia tersebut sebagai berikut.
1)         melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia;
2)         memajukan kesejahteraan umum;
3)         mencerdaskan kehidupan bangsa;
4)         ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial;
5)         adanya tujuan yang jelas hendak dicapai apabila kemerdekaan itu sudah terwujud, yaitu membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
6)         ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial;
7)         adanya tujuan yang jelas hendak dicapai apabila kemerdekaan itu sudah terwujud, yaitu membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
       Arti proklamasi bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut.
a. Proklamasi berarti pernyataan kebebasan, yaitu kebebasan dari kekangan dan penindasan bangsa asing yang telah lama dibelenggu penjajah.
b. Proklamasi berarti kembali menjadi subjek, bukan jadi budak penjajah, dan pelayan bangsa asing.
c. Proklamasi berarti kembali menjadi tuan, yaitu tuan di rumah sendiri. Bangsa Indonesia dapat mengatur sendiri bangsa dan negaranya tanpa campur tangan bangsa lain.
d. Proklamasi berarti tanggung jawab, yaitu tanggung jawab terhadap bangsa dan tanah air, anak cucu, generasi muda, dan Tuhan Yang Maha Esa.
e. Proklamasi berarti hari depan cerah.
Uji Kompetensimu
Tugas Mandiri (mandiri, semangat kebangsaan)
Hafalkan naskah proklamasi autentik! Guru akan memanggil siswa satu persatu ke depan kelas untuk mengucapakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! Guru akan memberikan penilaian terhadap hafal atau tidaknya siswa yang mendapat kesempatan untuk meaju ke depan kelas! Penjiwaan dan nada pengucapan menjadi nilai lebih!
Tugas rumah (mandiri, gemar membaca)
Buatlah rangkuman menganai peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi, mulai dari pembentukan BPUPKI sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! kerjakan pada buku catatan!
to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Saturday 24 December 2016 | Uncategorized

Jika pada jaman dulu, kemben (tube top) terlihat lebih sering dipakai untuk acara-acara sangat khusus dan…

Saturday 20 February 2016 | Uncategorized

Sepanduk MMT murah,sepanduk mmt gratis,buat sepanduk sekarang tak semahal dulu dan desain begitu murah. Sablon kaos…

Friday 29 May 2015 | Uncategorized

 Pentingnya Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat Norma atau kaidah yang berlaku dalam masyarakat dibuat untuk mengatasi terjadinya…

Monday 24 July 2017 | Uncategorized

12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar, Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah – Karanganyar merupakan sebuah kabupaten…