Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Pentingnya Norma Hukum

May
29
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized

 Pentingnya Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat
Norma atau kaidah yang berlaku dalam masyarakat dibuat untuk mengatasi terjadinya perbedaan kepentingan. Norma tersebut diciptakan untuk merealisasikan cita-cita dan harapan seluruh lapisan masyarakat. Norma menciptakan suasana yang tertib dan damai. Sebagai anggota masyarakat harus selalu mendukung upaya-upaya untuk mewujudkan ketertiban di lingkungannya dengan cara melaksanakan dan menghormati berbagai aturan yang ada. Keberadaan kaidah atau norma dalam suatu masyarakat sangat mutlak. Dalam pergaulan hidup di masyarakat, kaidah berperan sedemikian rupa, sehingga setiap anggota masyarakat akan menyadari apa yang menjadi hak dan kewa-jibannya. Dalam menjalankan peranannya norma mempunyai fungsi sangat penting, yaitu sebagai berikut:
1)         mengatur dan membatasi tingkah laku manusia;
2)         menertibkan masyarakat dan mengatur pergaulan hidup;
3)         menyelesaikan adanya perbedaan dan pertikaian;
4)         memelihara ketertiban dalam masyarakat; serta
5)         memenuhi tuntutan keadilan.
c. Tujuan dan Kegunaan Norma
Norma ada dan diakui oleh masyarakat tentu memiliki tujuan dan kegunaan. Jika norma tidak memiliki tujuan dan kegunaan akan ditinggalkan masyarakat. berikut merupakan tujuan dan kegunaan dari suatu norma.
1)         Norma Agama
Apabila seseorang melanggar norma agama, maka dia akan mendapatkan sanksi dari Tuhan sesuai dengan keyakinan agamanya masing-masing. Tujuan norma agama adalah menciptakan insan-insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam arti mampu melaksanakan semua perintah dan yang diharuskan-Nya dan meninggalkan semua yang dilarang-Nya. Norma agama adalah untuk mengendalikan sikap dan perilaku setiap insan Ilahi dalam hidup dan kehidupannya.
2)         Norma Kesusilaan
Apabila seseorang melanggar norma atau kaidah kesusilaan, maka dia akan dianggap sebagai orang yang asusila dalam arti tidak mempunyai rasa kesusilaan. Tujuan kaidah kesusilaan adalah agar setiap manusia mempunyai rasa kesusilaan yang tinggi dalam hidup dan kehidupannya di masyarakat. Sumber norma kesusilaan adalah hati nurani. Norma ini mempunyai kegunaan untuk mengendalikan ucapan, sikap, dan perilaku setiap individu melalui teguran hati nuraninya.
3)         Norma Hukum
Apabila seseorang melanggar norma hukum, maka dia akan mendapatkan sanksi yang tegas dari aparat hukum. Norma hukum bertujuan untuk mewujudkan ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat melalui upaya penciptaan kepastian hukum. Kegunaan norma hukum adalah untuk melindungi kepentingan orang lain.
to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Pentingnya Norma Hukum

Saturday 10 February 2018 | Uncategorized

Rasa-rasanya begitu mudah mengucapkan kalimat gombalan ketika sedang kasmaran. Rumah mewah ini kubangun demi kebahagiaanmu dan…

Wednesday 21 June 2017 | Uncategorized

Pasar Klewer adalah salah satu pasar tekstil kota Solo. Kawasan ini juga merupakan pusat produk fashion…

Monday 26 December 2016 | Uncategorized

TEMPO,CO – Jum’at, 10 Oktober 2014 TEMPO.CO, Tegal – Jalur hukum yang ditempuh Wali Kota Tegal…

Monday 9 January 2017 | Uncategorized

Grosir Sarung Bantal Kursi, Batik Cushion Covers, Grosir Sarung Bantal Sofa, Sarung Bantal Kursi Set, Sarung…