Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Bentuk-bentuk Hubungan Sosial

Jun
02
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized
Secara  garis besar, bentuk-bentuk hubungan sosial itu dibagi dua, yaitu bentuk-bentuk hubungan sosial yang bersifat asosiatif dan bentuk-bentuk hubungan sosial yang bersifat disosiatif.
1.      Hubungan SosialAsosiatif
Proses asosiatif adalah proses sosial yang mengarah pada persatuan, kerukunan, dan kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama. Hubungan sosialasosiatif dapat dibedakan menjadi empat, yaitu kerja sama, asimilasi, akomodasi, dan akulturasi.
a. Kerja sama (cooperation)
Kerja sama merupakan bentuk interaksi sosial yang pokok bahkan proses yang utama, yaitu bergabungnya orang per orang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Kerja sama didasari oleh kesadaran akan adanya persamaan kepentingan dalam sebuah kelompok. Bentuk dan pola kerja sama selalu ada pada manusia mulai dari masa kecil sampai dewasa, baik dalam kehidupan keluarga maupun kelompok kekerabatan.
Menurut Cooley, terjadinya kerja sama karena orang-orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama. Berdasarkan pelaksanaannya, kerja sama terbagi menjadi lima bentuk, yaitu sebagai berikut.
1)                  Bargaining (Tawar-Menawar)
Bargaining adalah pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang dan jasa antara dua organisasi atau lebih. Contohnya, kegiatan jual beli di pasar.
2)                  Kooptasi (Cooptation)
Kooptasi adalah suatu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dari suatu organisasi untuk menghindari terjadinya kegoncangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.
3)                  Koalisi (Coalition)
Koalisi adalah gabungan antara dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan yang kuat. Contohnya, Partai PDI Perjuangan bersama dengan Partai Golkar, PPP, dan PAN bekerja sama mencalonkan Fauzi Bowo sebagai calon gubernur DKI Jakarta.
4)                  Joint Venture  
Joint venture adalah bentuk kerja sama dalam usaha proyek-proyek tertentu dengan perjanjian keuntungan menurut proporsi-proporsi tertentu. Maksudnya, keuntungan menurut sumbangan setiap perusahaan. Jadi, perusahaan yang pengeluarannya lebih besar sewajarnya menerima keuntungan yang lebih besar pula. Joint venturebiasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, baik BUMN maupun swasta dalam menangani proyek-proyek besar seperti pengaspalan jalan, pembangunan jembatan layang, dan mal-mal. 
5)                  Kerukunan
Kerukunan dalam kerja sama mencakup kehidupan gotong-royong dan tolong-menolong antarsesama warga masyarakat.
b.      Asimilasi (asimilation)
Asimilasi adalah suatu proses yang ditandai oleh adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia.
c.       Akomodasi (accomodation)
Akomodasi adalah suatu usaha manusia untuk meredakan suatu pertentangan, yaitu usaha-usaha untuk mencapai kestabilan. Akomodasi ini bisa dikatakan sebagai suatu proses adaptasi penyesuaian diri dengan lingkungan sosial sekitarnya. Adapun tujuan akomodasi, yaitu sebagai berikut.
1)      Mengurangi perbedaan paham, pertentangan, permusuhan antara orang perorang atau kelompok-kelompok manusia.
2)      Mencegah meledaknya suatu pertentangan secara temporer.
3)      Memungkinkan terjadinya kerja sama antara kelompok-kelompok sosial yang        terpisah.
4)      Mengusahakan peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah.
                Bentuk-bentuk akomodasi, yaitu sebagai berikut.
1)      Paksaan (coercion)
Paksaan adalah suatu bentuk akomodasi yang dilaksanakan secara paksa dan salah satu pihak berada dalam posisi lemah.
2)      Kompromi (compromise)
Kompromi adalah suatu bentuk akomodasi, di mana pihak-pihak yang terlibat masing-masing mengurangi tuntutannya agar tercapai suatu penyelesaian terhadap perselisihan yang ada.
3)      Arbitrasi (arbitration)
Arbitrasi merupakan suatu cara untuk mencapai suatu kompromi, apabila pihak-pihak yang bertikai tidak sanggup mencapai kompromi sehingga harus melibatkan pihak ketiga.          
4)      Mediasi (mediation) 
Mediasi adalah penyelesaian pertentangan atau pertikaian melalui orang ketiga, tapi orang ketiga tersebut hanya sebagai penasihat dan tidak mempunyai wewenang untuk memberi keputusan.
5)      Konsiliasi (conciliation)
Konsiliasi adalah suatu bentuk akomodasi yang mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak-pihak yang bertikai, guna mencapai suatu persetujuan bersama.
6)      Toleransi (toleration)           
Toleransi adalah suatu usaha untuk menghindarkan diri dari perselisihan dengan membiarkan atau menghormati pihak lain yang mempunyai pandangan berbeda.
7)      Saling tidak bereaksi (stalemate)      
Stalemate adalah suatu bentuk akomodasi, di mana pihak-pihak yang bertentangan berhenti melakukan pertentangan atau pertikaian pada titik tertentu.
8)      Ajudikasi (adjudication)      
Ajudikasi adalah suatu bentuk akomodasi di mana penyelesaian pertentangan atau pertikaiannya dilakukan di pengadilan.
a.       Akulturasi
Akulturasi adalah proses bertemu dan berpadunya dua unsur kebudayaan yang berbeda kemudian membentuk kebudayaan baru, tetapi kebudayaan baru yang terbentuk tersebut tidak kehilangan kepribadian lamanya.
to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Bentuk-bentuk Hubungan Sosial

Saturday 6 June 2015 | Uncategorized

Lowongan Kerja Karyawan Akuntansi / Pajak di Sasami Radya Motor dikaranganyar Sebuah perusahaan yang bergerak di…

Thursday 22 June 2017 | Uncategorized

1. Motherboard motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau…

Thursday 22 June 2017 | Uncategorized

Semeru dan Mahameru di Tahun 2013 Tidak terlintas di tahun 2013 ini untuk mendaki gunung Semeru.…

Wednesday 17 June 2015 | Uncategorized

Biaya : peluang nilai dari suatu kesempatan yang hilang karena manusia membuat satu pilihan. Efisien :…