Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Pengertian Hubungan Sosial

Jun
02
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized


Selain sebagai makhluk Individu, manusia juga merupakan makhluk sosial. Oleh karena itu mansusia tidak bisa hidup tanpa adanya manusia lain. Untuk mencukupi dan memenuhi kebutuhan hidupnya manusia harus saling bekerja sama. Maka timbullah hubungan manusia satu dengan manusia lainnya. Bentuk hubungan di antara manusia yang saling membutuhkan itu diwujudkan dalam suatu bentuk interaksi atau hubungan timbal balik antarindividu, antara individu dengan kelompok, dan antarkelompok.
A.     Pengertian Hubungan Sosial
            orang  lain. Hubungan sosial adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghubungkan antarkepentingan individu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok, yang secara langsung atau tidak langsung ditujukan untuk menciptakan rasa saling pengertian dan kerjasama saling menguntungkan. Soerjono Soekanto dalam buku Sosiologi Suatu Pengantar menuliskan bahwa hubungan sosial merupakan hubungan timbal balik antara organisasi-organisasi hidup yang sama spesiesnya. Hubungan-hubungan sosial itu terjadi dalam proses yang dinamis. Dalam sosiologi, hubungan sosial yang dinamis itu disebut interaksi sosial.
1.      Syarat Terjadinya Hubungan Sosial
Kontak sosial berasal dari kata con atau cun (bersama-sama) dan tango yang artinya menyentuh. Kontak sosial dapat berupa sentuhan fisik, melalui pembicaraan, melalui HP, internet, televisi, radio, surat, dan sebagainya. Macam-macam kontak sosial, yaitu sebagai berikut.
a.      Berdasarkan Tingkat Hubungan dan Caranya
1).        Kontak Primer (Kontak Langsung)
Kontak primer terjadi jika ada kontak langsung antara pihak komunikator dan komunikan, misalnya melalui berbicara, berjabat tangan, tatap muka, alat bantu komunikasi, dan sebagainya.
2).        Kontak Sekunder (Kontak Tidak Langsung)
Kontak sekunder adalah kontak yang terjadi melalui perantaraan pihak ketiga, antara lain berupa sandi, surat, simbol, telepon, radio, TV, atau internet.
b.      Berdasarkan Bentuknya
1). Kontak Antarindividu
     Hal ini terjadi apabila dua individu bertemu, dan terjadi interaksi yang dimulai dari berjabat tangan, saling berbicara, ataupun saling bertikai.
2). Kontak antara Individu dengan Kelompoknya
     Bentuk interaksi yang terjadi antara individu dengan sekelompok orang. Misalnya, seorang guru yang mengajar di depan kelas.
3). Kontak Antarkelompok
     Hal ini terjadi antara kelompok satu dengan kelompok lain sebagai satu kesatuan bukan merupakan pribadi anggota kelompok yang bersangkutan. Misalnya, perkawinan yang melibatkan dua kelompok keluarga.
c.       Berdasarkan Sifatnya
1)         Kontak Positif
Merupakan hubungan yang mengarah pada kerja sama. Misalnya: seorang  penjual melayani pembeli dengan baik agar tidak kecewa dan seterusnya.
2)         Kontak Negatif
Merupakan hubungan yang mengarah pada suatu pertentangan bahkan berakibat memutuskan interaksi. Misalnya: kasus perceraian, peperangan.
to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Pengertian Hubungan Sosial

Friday 8 September 2017 | Uncategorized

Kali pertama menginjakkan kaki ke Pekalongan, tak ada sesuatu yang memikat. Waktu itu saya hanya sedikit…

Friday 29 May 2015 | Uncategorized

Adat istiadat, yaitu suatu tingkah laku seseorang yang terjelma dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mencerminkan jiwa…

Friday 29 May 2015 | Uncategorized

Kemerdekaan Indonesia sudah disiapkan pada masa penjajahan Jepang. Perdana Menteri Jepang yang baru, yaitu Kuniaki Koiso…

Monday 9 January 2017 | Uncategorized

JUAL BELI BENDA PUSAKA BUTUH KOLEKSI BARANG ANTIK yang OTENTIK? HUBUNGI – 0812.2608.1400. Kami, JUAL BELI…