Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Titik di Kebumen Longsor

longsor9

KEBUMEN – Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Kebumen dalam beberapa hari terakhir memicu bencana tanah longsor di sejumlah titik. Setidaknya empat titik di kecamatan yang berbeda yaitu Kecamatan Alian, Sempor, Poncowarno dan Rowokele.

Di RT 01 RW 02 Dusun Krajan Desa Krakal Kecamatan Alian sebuah rumah milik Mustakim (48) rusak tertimpa tanah longsor, Selasa (17/1) sore. Akibatnya dinding dapur hancur dan kamar mandi rusak dihantam material longsoran dari tebing setinggi 6,5 meter dan panjang 7 meter.

Sementara di Kecamatan Poncowarno, tanah longsor akibat hujan deras pada Senin (16/1) sempat memutus akses jalan penghubung antar desa di kecamatan tersebut. Tebing yang longsor dan menutupi jalan sepanjang sekira 54 meter itu berada di RT 05 RW 05 Dusun Kresek Desa Karangtengah.

Tanah longsor juga terjadi di RT 05 RW 01 Dukuh Kedunggondang Desa Giyanti Kecamatan Rowokele, Senin (16/1) sekira pukul 18.30 WIB. Tebing setinggi 9 meter longsor dan mengenai rumah milik Sarman.

Sedangkan di RT 02 RW 06 Desa Sampang Kecamatan Sempor sebuah rumah milik Misno (50) tertimpa tanah longsor pada Senin (17/1) petang. Bahkan kini ia dan keluarganya terpaksa mengungsi ke rumah saudara karena rumahnya telah hancur. Sementara di RT 03 RW 06 Dusun Jurangjero tanah longsor merusak rumak milik Ripan Mulyono (58).

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tanah longsor tersebut. Namun demikian kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen telah melakukan tindakan assesment warga sekitar kejadian dan memberikan bantuan logistik kepada korban.

Masyarakat yang tinggal dikawasan rawan bencana alam diminta tepat mewaspadai potensi bencana disekitarnya mengingat hujan lebat diprediksi masih akan terjadi.

Rawan Longsor

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung merilis sebanyak 14 kecamatan di Kabupaten Kebumen masuk ke zona rawan pergerakan tanah menengah hingga tinggi pada Januari 2017. Kecamatan Buayan, Padureso, Karanggayam, Kutowinangun, Karangsambung dan Kebumen masuk zona pergerakan tanah menengah.

Sedangkan daerah dengan potensi pergerakan tanah menengah hingga tinggi terdiri dari Kecamatan Sadang, Sempor, Alian, Ayah, Poncowarno, Rowokele, Pejagoan dan Kecamatan Sruweng bagian Utara. (and/lintaskebumen/bpbd)


Lintas Kebumen

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar