Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Tradisi Syawalan

Jan
13
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized

Tradisi Syawalan di Kota Santri  (15/8) diantaranya dipusatkan di Obyek Wisata Linggo Asri Kecamatan Kajen, Tradisi ini diawali dengan pelepasan peserta kirab budaya termasuk sego megono gunungan oleh Wakil Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq dari halaman Kantor Kepala Desa Linggo Asri. Selanjutnya peserta kirab akan finish di OW. Linggo Asri dan sego megono gunungan akan diperebutkan oleh masyarakat yang telah menunggu  pagi. Di tempat ini pula telah menunggu Bupati Pekalongan Drs. H. A. Antono, M.Si  dan istri, unsur Muspida, Sekda beserta jajarannya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kab. Pekalongan, Ir. Siswanto pada laporannya menyatakan bahwa tradisi yang digelar tepat satu minggu setelah lebaran idu fitri ini diantaranya bertujuan untuk nguri-uri budaya lokal, meramaikan serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di OW. Linggo Asri. “ Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat mensukseskan acara ini,” pungkasnya menutup laporan.

Dalam sambutannya, Bupati Pekalongan, Drs. H.A. Antono, M.Si  menyatakan rasa terimaksihnya kepada masyarakat atas semua partisipasinya mensukseskan acara ini.  Menurutnya  tradisi ini adalah upaya untuk menjaga dan mengembangkan budaya Indonesia dan berharap hal ini mampu menangkal budaya asing selain sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas segala kenikmatan yang telah diberikan. “Mari bersama-sama kita tangkap makna dari Syawalan, dan kedepan saya harap acara seperti ini dapat dipertahankan dan dikreasikan agar lebih menarik.

Untuk tahun mendatang diharapkan tidak hanya satu megono gunungan saja akan tetapi dapat diikuti oleh perwakilan masing kecamatan sehingga berjumlah 19 megono gunungan. Dan hendaknya megono gunungan tersebut dapat diusung oleh segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. “ Dengan pakaian adat daerah diharapkan pelaksanaan megono gunungan tersebut diharapkan pelaksanaan kegiatan megono gunungan dalam lebih berkesan “terangnya.

Di OW. Linggo Asri juga digelar acara Syawalan Show yang menghadirkan penyanyi kenamaan Ibukota, Evie Tamala. Tak ayal sepanjang lebih dari 5 KM perjalanan dari dan menuju obyek wisata ini macet total karena padatnya pengunjung yang akan meramaikan acara tahunan ini.

Sumber : Bag. Humas Setda Kab. Pekalongan


Kabupaten Pekalongan

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Tradisi Syawalan

Thursday 17 December 2015 | Uncategorized

عَنْ يُوْسُفَ بْنِ مَاهَكٍ اَنَّهُمْ دَخَلُوْا عَلَى حَفْصَةَ بِنْتِ عَبْدِ الرَّحْمنِ فَسَأَلُوْهَا عَنِ اْلعَقِيْقَةِ، فَاَخْبَرَتْهُمْ اَنَّ…

Friday 8 September 2017 | Uncategorized

Kali pertama menginjakkan kaki ke Pekalongan, tak ada sesuatu yang memikat. Waktu itu saya hanya sedikit…

Tuesday 17 January 2017 | Uncategorized

BULUSPESANTREN – Destinasi wisata di Kabupaten Kebumen kini makin kaya. Bila sebelumnya wisata pegunungan dan pantai,…

Friday 5 June 2015 | Uncategorized

Fungsi Pengendalian Sosial                   Pengendalian sosial mempunyai beberapa fungsi atau peranan, antara lain sebagai berikut.…