Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Enjoy in Magelang Jateng

Feb
06
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized

m1
m2

1. Candi Borobudur

Candi Borobudurmerupakan ikon wisata di Kabupaten Magelang bahkan juga digunakan sebagai ikon wisata Jawa Tengah. Hal itu karena memang Wisata Candi Borobudur ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang bernilai tinggi. Candi Borobudur pernah dinnobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia sera telah ditetapkan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO. Oleh karena itu tempat wisata Candi Borobudur selalu didatangi para wisatawan baik dari Indonesia maupun mancanegara. Candi Borobudur merupakan sebuah candi terbesar umat agama Budha. Candi ini memiliki bentuk dasar seperti punden berundak dimana didalamnya terdapat 1460 relief dan 506 stupa.

2. Ketep Pass

Ketep Pass merupakan tempat wisata di Magelang yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Ketep Pass berlokasi diantara dua Gunung besar yaitu Gunung Merapi dan Merbabu. Dari Ketep Pass ini kedua gunung tersebut dapat nampak terlihat jelas. Bahkan kalau cuaca sedang cerah anda dapat mendapati pemandangan alam yang luar biasa. Di Ketep Pass terdapat bioskop mini dan museum vulkanologi. Bioskop mini ini digunakan untuk memutar dokumentasi erupsi Gunung Merapi yang terkenal dahsyat itu. Oh ya disini juga terdapat beberapa teropong yang dapat digunakan pengunjung untuk melihat secara jelas pemandangan puncak Gunung Merapi dan Merbabu. Untuk menggunaknnya anda cukup membayar dengan Rp. 3.000 saja

3. Taman Kyai Langgeng

Wisata Taman Kyai Langgeng merupakan tempat wisata keluarga yang terdapat di Magelang yang sangat digemari oleh masyarakat. Pada hari libur tempat ini selalu dipenuhi pengunjung. Apalagi lokasi Taman Kyai Langgeng ini terdapat di Pusat Kota Magelang sehingga sangat mudah terjangkau. Dalam Taman Kyai Langgeng terdapat aneka koleksi tanaman langka, patung-patung dinosaurus dalam ukuran asli, prototipe pesawat terbang, hingga berbagai fasilitas permainan. Selain itu bagi anak-anak juga telah disediakan berbagai macam permainan dan juga kolam renang.

4. Rafting di Sungai Progo Atas

Di Magelang ternyata juga adal wisata adventure yang sangat menarik yaitu berupa rafting atau arung jeram di Sungai Progo. Arung jeram di Magelang ini memiliki jalur sepanjang 12 km atau dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengarunginya. Jika anda berminat rafting di Sungai Progo atas ini anda dapat mendatangi pos panitia di Perumahan Griya Tok Songo, Koya Magelang.

5. Air Terjun Kedung Kayang

Ini lah salah satu wisata alam di Magelang yangs angat indah, dimana anda akan disuguhi oleh sebuah air terjun dengan dengan ketinggian mencapai 40 meter serta dengan aliran air yang deras serta terasa dingin karena letaknya di pegunungan. Air terjun yang dimaksud adalah air terjun Kedung Kayang yang letaknya tak jauh dari gardu pandang di Ketep Pass. Lokasi wisata ini berada di perbatasan antara dua Kabupaten yaitu wilayah Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang, dengan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Untuk memasuki area wisata Air Terjun Kedung Kayang anda hanya akan diminta membayar tiket masuk sebesar Rp.2.500 saja. Murah sekali bukan ?

6. Air Terjun Sekar Langit

Dari Air Terjun Kedung Kayang di wilayah Timur Kabupaten Magelang kita beralih ke wilayah barat dimana juga terdapat sebuah air terjun yang cukup menarik. Air Terjun ini adalah Air Terjun Sekar Langit yang terletak di kaki Gunung Andong, Kecamatan Grabag, Kab. Magelang. Menurut legenda, konon air terjun ini lah yang digunakan tempat mandi para bidadari dalam cerita Joko Tarub. Percaya ? Pemandangan di air terjun ini sangat indah yaitu dengan gemeriik air terjun serta rindangnya pepohonan yang berada di sekitar air terjun.

7. Curug Silawe

Masih berupa wisata alam di Kabupaten Magelang, kali ini adalah Curug Silawe dimana tempat ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang tersembunyi. Lokasi wisata Curug Silawe adalah di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Jalan menuju lokasi Curug Silawe ini juga masih banyak yang rusak, meskipun memang pemandangan di sekitar jalan ini cukup indah. Perlu sentuhan khusus dari pemerintah daerah setempat agar tempat wsiata ini dapat lebih berkembang dan menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi sehingga dapat mengangkat perekonomian di sekitar lokasi wisata serta dapam menambah Penghasilan Asli Daerah Kabupaten Magelang.

8. Gunung Andong

Wilayah Kabupaten Magelang dikelilingi oleh Gunung. Salah satu Gunung yang berada di Magelang adalah Gunung Andong Gunung ini sering dijadikan sebagai tempat mendaki atau muncak oleh para pecinta alam. Bisa dikatakan gunung Andong ini merupakan gunung yang ramah untuk didaki, artinya jalur pendakiannya tidak sesulit gunung lain seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing atau yang lainnya. Ketinggian Gunung Andong ini mencapai 1.726 mdpl. Untuk mendakinya rata-rata para pendaki hanya butuh waktu 1,5 jam. Bgaimana, Tertarik ?

9. Wisata Bukit Tidar Magelang

Bukit Tidah adalah bukit yang terdapat di Kota Magelang. Bukit ini layaknya sebuah penyejuk ditengah keramaian kota. Selain berfungsi sebagai lahan terbuka hijau, ternyata Bukit Tidar Magelang menyimpan potensi wisata yang besar. Dari atas bukit ini anda dapat melihat Kota Magelang dari ketinggian serta dapat menikmati pepohonan yang berdiri tegak yang menjadikan suasana menjadi lebih sejuk. Di bukit ini juga terdapat wisata religi yaitu Petilasan Syeh Subakir dari Persia yang merupakan penyebar agama Islam di Jawa Tengah.

10. Candi Mendut

Candi Mendut merupakan obyek wisata di Magelang yang letaknya sekitar 3 km dari Candi Borobudur atau tepatnya beralamat di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Menurut para ahli sejarah, Candi Mendut diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra. Bangunan candi ini sebenarnya adalah berasal dari batu bata yang kemudian ditutupi dengan batu alam. Di dalam bilik Candi Mendut terdapat 3 buah arca yang terkenal yaitu arca Dyani Buddha Cakyamuni atau Vairocana, arca Avalokitesvara, dan arca Bodhisatva Vajrapani.

11. Candi Pawon

Wisata Candi yang terdapat di Magelang berikutnya adalah Candi Pawon. Candi ini terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Candi Pawon ini memiliki kaitan erat dengan Candi Borobudur dan Candi Mendut. Selain sama-sama peninggalan Agama Budha, posisi Candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Borobudur terletak dalam satu garis lurus. Fenomena ini sampai saat ini masih dalam perdebatan kenapa bisa seperti itu.

12. Museum Sudirman

Tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, di Magelng juga terdapat tempat-tempat bersejarah yang layak untuk kita kenang. Salah satu tempat bersejarah adalah useum Sudirman yang terdapat di Kota Magelang. Museum Sudirman terletak di Jalan ade Irma Suryani No C-7 atau tepatnya di sudut selatan Taman Badaan. Gedung ini nampak sepi pengunjung, hal itu mungkin karena kurangnya kesadaran kita terhadap tempat-tempat bersejarah di sekeliling kita atau juga karena kurangnya promosi dari pemerintah setempat. Gedung tempat Museum Sudirman ini merupakan bekas rumah Jenderal Sudirman sebelum wafat.
Link Terkait :
12 Tempat Wisata Pilihan di Jawa Tengah
Pariwisata Lengkap di Yogyakarta

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Magelang Yang Cocok Untuk Liburan. Selain 12 tempat wisata tadi pastinya ada pula tempa wisata lain yang belum kami sebutkan. Kami mohon maaf apabila pemilihan 12 tempat wisata diatas kurang berkenan dihati para pembaca sekalian. Berikut kami sampaikan sekalian Obyek Wisata yang terdapat di Magelang secara lengkap dengan alamatnya.

  1. Candi Retno Alamat : Desa Candi Retno, Kec Secang
  2. Makam Raden Santri Alamat : Desa Gunungpring, Kec. Muntilan
  3. Makam Sunan Geseng Alamat : Puncak bukit di Desa Tirto, Kecamaan Grabag
  4. Museum Badan Pemeriksa Keuangan Alamat : dalam kompleks rumah Residen Kedu, di jalan Diponegoro No 1, Magelang 5
  5. Museum Bumiputera 1912 Alamat : Jalan Jenderal A. Yani No. 21, Magelang
  6. Museum Taruna Abdul Jalil Alamat : Kompleks pendidikan Akademi Militer seluas 980 m2, 1 km dari pusat Kota Magelang
  7. Taman Rekreasi Kalibening Alamat : Dusun Kalibening, Payaman, Secang
  8. Telaga Bleder Alamat : Desa Ngasinan, Kec. Grabag, di lereng Gunung Andong
  9. Candi Borobudur Alamat : Desa Borobudur, Kec. Borobudur
  10. Candi Mendut Alamat : Desa Mendut, Kec. Mungkid
  11. Ketep Pass Alamat : Desa Ketep, Kecamatan Sawangan
  12. Punthuk Setumbu Alamat : Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur
  13. Air Terjun Kedung Kayang Alamat : Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, 3 Km dari Gardu Pandang Ketep Pass
  14. Air Terjun Sekarlangit Alamat : Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang
  15. Arung Jeram Kali Elo Alamat : Desa Mendut, Desa Blondo, Kec. Mungkid, dan Desa Candirejo, Kec. Borobudur
  16. Candi Asu Alamat : Desa Candi Pos, Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang
  17. Candi Gunung Wukir Alamat : Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kec Salam
  18. Candi Lumbung Alamat : Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang
  19. Candi Ngawen Alamat : Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, 5 km dari Candi Mendut
  20. Candi Selogriyo Alamat : Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kec Windusari
  21. Candi Umbul Alamat : Desa Kertoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang
  22. Jurangjero Alamat : Desa Salam Sari, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang
  23. Kelenteng Hok An Kiong Alamat : Jl. Pemuda No 100, Muntilan, Magelang
  24. Museum Borobudur Alamat : Berada di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang
  25. Museum Diponegoro Alamat : Jl. Diponegoro No.1, Magelang, di sayap kiri Pendopo Karesidenan Kedu 26.
  26. Museum Samudra Raksa Alamat : Dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang
  27. Museum Senirupa Haji Widayat Alamat : Jl. Letnan Tukiyat 32, Kota Mungkid, dengan galeri, art shop dan area taman, diresmikan pada 30 April 1994.
  28. Museum Sudirman Alamat : Jl. Ade Irma Suryani No.C-7, di sudut selatan Taman Badaan
  29. Air Terjun Curug Silawe Alamat : Desa Sutopati, Kec. Kajoran, di lereng Gunung Sumbing


Taufiq Syahlan Rosyid Amirudin bin Soelarto Kartosoedirjo

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Enjoy in Magelang Jateng

Monday 7 August 2017 | Uncategorized

Siapa yang belum kenal dengan Pekalongan? Letaknya yang berada di pesisir utara Provinsi Jawa Tengah telah…

Wednesday 21 June 2017 | Uncategorized

Kisah ini adalah episode kedua drama “Liburan ke Bromo (Lagi)”. Satu episode refer to satu hari…

Wednesday 9 November 2016 | Uncategorized

Kepada ; YTH Bapak Aho k Di-Tempat Salam Kedamaian Teruntuk mereka yang mengikuti petunjuk Allah Bpk…

Wednesday 21 June 2017 | Uncategorized

Setelah sekian lama saya tidak nonton film Korea, akhirnya kemarin sempat menonton. Ahaha. Ini tulisan pasti…