9 Teluk Terindah di Pulau Jawa yang Bakal Membuatmu Menyesal Jika Belum Menjejakkan Kaki di Sana

Saat masih sekolah dulu, kamu mungkin sering mendapat pertanyaan dari gurumu tentang perbedaan teluk dan semenanjung. Yup! Teluk adalah bagian perairan yang menjorok ke daratan sehinga ketiga sisinya dibatasi oleh daratan, sedangkan semenanjung atau tanjung adalah sebaliknya.

Karena letaknya ini, teluk umumnya dimanfaatkan sebagai kawasan pelabuhan tempat kapal-kapal bersandar. Tapi tahukah kamu bahwa keindahan teluk-teluk di Indonesia ternyata juga bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan? Khususnya di Pulau Jawa, teluk-teluk ini adalah yang menjadi primadona lantaran keindahannya.

 

1. Setidaknya seumur hidup sekali, sempatkan untuk menjejak Teluk Hijau yang ada di Banyuwangi

Teluk Hijau atau disebut juga Teluk Ijo atau Green Bay adalah salah satu destinasi yang terkenal di Banyuwangi. Menawarkan wisata alam berupa teluk yang dikelilingi hutan hijau, pasir putih, dan air laut berwarna kehijauan – menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dahulu, teluk ini hanya dinikmati dari kejauhan oleh para pengunjung Taman Nasional Meru Betiri. Dari atas bukit, teluk ini memang terlihat begitu menawan. Tapi kini, banyak wisatawan yang tertarik untuk langsung menjejak pantai di Teluk Hijau. Namun meski panoramanya sangat indah, wisatawan diminta untuk berhati-hati lantaran ombak di kawasan pantai ini yang tergolong ganas.

 

2. Sempatkan juga menyambangi kawasan pantai yang menjadi rumah bagi para penyu di Teluk Penyu, Cilacap.

Menurut penuturan masyarakat setempat, pantai di sini dahulu merupakan rumah bagi para penyu sehingga disebut sebagai Teluk Penyu. Sayang lantaran padatnya lalu lintas kapal milik membuat penyu-penyu yang biasanya bertelur di kawasan ini memilih untuk hijrah ke Bali dan Lombok. Memiliki luas kurang lebih 18 hektare dengan pemandangan indah serta udara yang sejuk menjadikan Teluk Penyu banyak dikunjungi wisatawan. Ditambah lagi dengan adanya peninggalan bersejarah Benteng Pendem membuat destinasi yang satu ini layak dikunjungi. Tak jauh dari Teluk Penyu, terdapat pula Pulau Nusakambangan yang lokasi rumah tahanan.

 

3. Wisata Jepara tak boleh dipandang sebelah mata. Ada Teluk Awur yang panorama pantainya begitu indah tiada dua.

Jepara memiliki sebuah teluk bernama Teluk Awur yang juga merupakan destinasi favorit para wisatawan yang bertandang ke Jepara. Terletak di Desa Telukawur yang letaknya kurang lebih 4 km dari pusat Kota Jepara, di pantai ini terdapat banyak pohon mangroveyang berfungsi sebagai penahan abrasi dan juga peneduh.

Kawasan ini masih jarang dilalui kapal-kapal sehingga soal kebersihan dan kejernihan airnya pun bisa tetap terjaga. Selain jadi destinasi wisata warga Jepara sendiri, wisatawan yang datang pun tak kalah banyaknya. Pada waktu-waktu tertentu, sering digelar event tradisional yang tentunya sangat menarik untuk disaksikan.

 

4. Saat melancong ke Kota Tulungagung, wajib hukumnya untuk mampir ke Teluk Popoh.

Teluk Popoh atau Pantai Popoh termasuk dalam wilayah Kecamatan Besuki sebelah selatan Kota Tulungagung, Jawa Timur.Berada di pesisir Samudera Hindia, Teluk Popoh terkenal memiliki pemandangan yang sangat indah dan berhawa sejuk. Sebenarnya ada dua objek wisata yang bisa dikunjungi, yaitu teluk dan laut bebasnya.Lokasi teluk berada di dekat parkiran kendaraan, sedangkan kawasan laut bebas berjarak kurang lebih 1 km dari teluk. Untuk menuju ke sana, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena hanya tersedia jalan setapak saja.

 

5. Khusus buat kamu yang hobi snorkeling, Teluk Kletekan yang ada di Kabupaten Malang layak jadi destinasi andalan.

Teluk yang satu ini boleh dibilang sebagai surganya para penyuka snorkeling. Pasalnya, teluk yang terletak di Dampit, Kabupaten Malang, ini memang memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa. Meski berdekatan dengan pesisir Pantai Selatan, kamu tak perlu khawatir karena ombak di Teluk Kletekancenderung lebih tenang dan aman.

Air laut yang jernih memudahkanmu menikmati pemandangan bawah lautnya. Selain itu, lingkungan yang masih asri juga menjadikan udara di kawasan teluk ini masih bebas dari polusi. Meski perjalanan mencapai tempat ini terbilangcukup panjang, rasa lelahmu akan terbayar setelah sampai dan menyaksikan langsung panorama yang ada di Teluk Kletekan.

 

6. Sudah terkenal di kalangan wisatawan, Teluk Pelabuhan Ratu wajib jadi destinasimu saat liburan.

Teluk Pelabuhan Ratu atau lebih dikenal dengan Pantai Pelabuhan Ratu memang sudah sangat terkenal. Tempat wisata yang berlokasi di Jawa Barat, tepatnya sekitar 60 km di selatan Kota Sukabumi. Pelabuhan Ratu sangat terkenal dengan ombaknya yang ganas sehingga sangat berbahaya bagi orang yang ingin berenang di pantainya. Namun, perpaduan antara pantau yangcuram, tebing-tebing karang terjal, dan hutancagar alam yang ada di sekitarnya menjadikan kawasan ini luar biasa memesona.

 

7. Termasuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Blue Bay atau Teluk Banyu Biru layak jadi tujuan travelingmu selanjutnya.

Teluk Biru atau dikenal juga dengan nama Blue Bay adalah destinasi wisata yang ada di Banyuwangi. Meski belum sepopuler Pantau Bama atau Pulau Tabuhan, Teluk Biru kini semakin diminati para wisatawan. Pasalnya, kondisi laut dan lingkungannya yang masih asri menjadi kelebihan tersendiri dari tempat ini. Masuk dalamkawasan Taman Nasional Alas Purwo, masyarakat sekitar juga menyebut Teluk Biru sebagai Senggrong. Bisa ditempuh dengan perjalanan menggunakan kapal selama 2 jam dari Muncar, kamu bisamenikmati sunrise di tengah laut saat berkunjung ke sana.

 

8. Panorama pantai yang luar biasa ditambah berbagai fasilitas yang tersedia pastilah membuatmu menyesal jika belum mampir ke Teluk Pangandaran.

Siapa sih yang belum tak kenal dengan Pantai Pangandaran? Yup! Pantai Pangandaran sebenarnya merupakan teluk yang ada di pesisir Selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah. Lantaran keindahan yang dimilikinya, konon ada lebih dari 1,1 juta wisatawan yang datang ke Pangandaran setiap tahunnya.Nama Pangandaran sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu pangan dan daran. Pangan berarti makanan, sedangkan darandiartikan sebagai pendatang. Sehingga bisa diartikan sebagai sumber pangan bagi para pendatang.

Tak perlu ragu untuk mampir ke tempat ini, karena selain keindahan pantainya, berbagai fasilitas akomodasi pun sudah pasti tersedia.Di Pangandaran terdapat beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi, mulai Pantai Barat Parigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Timur, Cargar Alam, Pantai Karang Nini, Batu Hiu, Pantai Batu Karas, danGreen Canyon.

 

9. Meski belum begitu dikenal, TelukCiletuh jadi destinasi wisata yang haram kamu lewatkan.

Mungkin, namanya masih begitu asing di telingan para wisatawan. Tapi, percayalah bahwa Teluk yang berlokasi diKecamatan Ciemas ini sayang banget jika kamu lewatkan. Teluk Ciletuh sendiri bukan merupakan satu-satunya destinasi wisata. Di sekitarnya terdapat pula beberapa destinasi yang layak kamu kunjungi seperti Curug Awang, Curug Tengah, Curug Puncak Manik, Pantai Palangpang, Curug Sodong, dan Pantai Ombak 7. Dari sekian banyak teluk yang ada di Pulau Jawa dan di Indonesia, TelukCiletuh adalah salah satu yang wajib kamu saksikan langsung pesonanya.

 

Kalau hari ini kamu masih saja duduk di belakang meja dan enggan pergi berwisata, mungkin sedikit penjelasan di atas bisa membuatmu berubah pikiran dan segera merencanakan perjalanan. Selama liburan, ya!

sumber : http://www.hipwee.com/travel/9-teluk-terindah-di-pulau-jawa-yang-bakal-membuatmu-menyesal-jika-belum-menjejakkan-kaki-di-sana/


Travell Boy

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar