Air Terjun Curug Sewu

curug3-yasCurug Sewu adalah air terjun yang terletak di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, kurang lebih 40 km  selatan Kota Kendal.  Curug Sewu merupakan air terjun yang cukup lebar dengantiga terjunan, yang berketinggian masing-masing 45 meter, 15 meter dan 20 meter, dengan debit air yang lumayan besar. Pada saat musim penghujan kadang debit air naik secara tiba-tiba dan air berwarna kecoklatan. Selain pemandangan air terjun, di curug sewu juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, seperti gardu pandang, arena bermain anak, kebun binatang mini, kereta kelinci, jet coaster (saat penulis berkunjung kondisi jet coaster rusak),  kolam renang, MCK, musholla, dan deretan warung penjual makanan. Untuk menuju ke bagian bawah air terjun makan pengunjung harus berjalan menuruni tangga di lereng bukit yang merupakan jalan setapak. Apabila pengunjung naik ke gardu pandang maka terlihat pemandangan lembah nan hijau terhampar luas di bawah.

Untuk menuju ke Curug Sewu apabila dari Kota Kendal maka melewati jalur kota weleri kemudian menuju kecamatan sukorejo kemudian ke kecamatan patean. Apabila melalui Kecamatan Boja, maka jalur yang dilewati adalah jalan raya Boja – Patean melewati Plantera Fruit paradise terus saja sampai ke curugsewu. Khusus melalui jalur Boja – Patean ini pengemudi harus ekstra hati-hati, karena jalur pengunungan yang naik turun,  curug1-yas curug2-yasberkelok-kelok, dan  banyak menemui “tikungan/tanjakan cilukba” (cilukba = tikungan atau tanjakan ekstrem, yang sebagian pandangan pengendara terhalang karena tajamnya tikungan maupun tanjakan).  Sedangkan dari arah temanggung dan wonosobo melalui parakan, ngadirejo, patean, curugsewu.

 curug4-yas curug7-yas

 curug5-yas curug6-yas

Setelah memasuki area parkir dan membeli tiket masuk pengunjung akan menjumpai replika Vespa Raksasa. Untuk selanjutnya pengunjung bisa berjalan-jalan santai di tengah hawa pegunungan yang sejuk, atau langsung menuju ke lokasi air terjun. Berkunjung ke Curug Sewu di akhir pekan atau hari libur membuat hati menjadi adem dan pikiran segar kembali dan terbebas dari cuaca panas kawasan pantura.


Goresan Pena Yasmine

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar