Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Air Terjun Jumog? Bukan Tawangmangu

Jun
21
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized

Jika TemenTemen melakukan perjalanan wisata ke Grojogan Sewu, Tawangmangu, menyesal bila tidak mampir ke daerah Berjo, Ngargoyoso. Sebab di sana ada sebuah obyek wisata yang tak kalah indah dengan Tawangmangu.

Terkenal dengan nama Air Terjun Jumog. Memang orang banyak yang tidak menyangka bahwa Desa Berjo di Kecamatan Ngargoyoso itu memiliki pesona wisata yang eksotik dan juga beragam.

Pengunjung dari luar kota, biasanya mengenali Karanganyar dari Candi Sukuh atau Tawangmangu secara keseluruhan. Dari semua potensi yang terdapat di Berjo, baru Candi Sukuh dan Air Terjun Jumog yang bisa dinikmati secara nyaman oleh para wisatawan.

Khusus untuk air terjun Jumog, Pemerintah Desa Berjo memang memberikan perhatian khusus. Obyek itu sudah menjadi kebanggaan warga Berjo karena dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat.

Berbeda dengan Grojogan Sewu di Kecamatan Tawangmangu yang telah lebih dulu dikembangkan, air terjun Jumog tampak lebih sederhana. Air terjunnya pun tidak terlalu tinggi, namun tetap memancarkan keindahan khas wisata alam.

Dan kabarnya di setiap pukul 10.00, di sekitar air terjun yang dibuka sejak tahun 2004 ini muncul pelangi. Tidak sulit mencapai air terjun Jumog. Rute yang dapat diambil jika dari Surakarta, meluncur ke arah Tawangmangu.

Di pertigaan selepas Pasar Karangpandan, ambillah jalur ke kiri, ke arah Ngargoyoso. Jalur ke kanan adalah jalur ke Tawangmangu. Karena dikelola secara swadaya oleh masyarakat, tiket masuknya cukup murah, hanya tiga ribu rupiah saja per orang.

Fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata ini cukup lengkap. Di samping kita bisa menikmati indahnya air terjun yang dikelilingi bukit dengan pepohonan hijau yang asri. Disediakan pula arena mainan dan kolam renang anak-anak.

Selain itu juga terdapat musala, kamar mandi, dan tempat untuk mengisi perut. Terdapat penjual sate ayam dan sate kelinci khas daerah ini. Debit air di air terjun ini tidak begitu deras.

Pengunjung bisa puas bermain air di tempat ini. Tentu saja, airnya dingin khas pegunungan. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan serta minuman untuk mengembalikan stamina yang banyak terbuang untuk bermain air dan berfoto-foto untuk mengabadikan momen bersama keluarga maupun orang terdekat anda.

Berbagai fasilitas yang di tawarkan dengan harga yang terjangkau :
Tiket masuk : Rp 3.000
Parkir Motor : Rp 2.000
Parkir Mobil : Rp 3.000
Homestay : Rp 50.000 – Rp 200.000

Bagi Anda yang belum berkunjung, silakan nikmati wisata alam yang disajikan. Selamat Berkunjung di obyek wisata Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.


KotaTimoer

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

artikel lainnya Air Terjun Jumog? Bukan Tawangmangu

Sunday 9 July 2017 | Uncategorized

Gunung Kidul Daerah Jogjakarta memang memiliki keindahan ekologi. Pegunungan Karts atau pegunungan Kapur memang membuat daerah…

Friday 29 May 2015 | Uncategorized

Negara Indonesia adalah negara hukum. Sebagai negara yang berdasarkan atas hukum, maka aparat negara maupun warga…

Wednesday 21 June 2017 | Uncategorized

Candi Cetho dan Gunung Lawu Gunung Lawu 3265 mdpl merupakan gunung yang memiliki keindahan tersendiri. Gunung…

Sunday 31 May 2015 | Uncategorized

Awal bulan Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan karena dianggap telah menyelesaikan tugasnya. Pada tanggal 7 Agustus 1945…