Air Terjun Parangijo

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

grojogan parangijo

Karanganyar telah sangat terkenal dengan Grojogan Sewu yang dimilikinya, namun ternyata masih ada beberapa air terjun lain di kawasan lereng Gunung Lawu, diantaranya adalah Grojogan Parangijo dan Grojogan Jumog. Grojogan Parangijo berada di ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut dan terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Grojogan Parangijo ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar, namun suasana sekitar yang masih alami dengan hijaunya daun dan lebatnya pepohonan di lereng Gunung Lawu ditambah hawa yang dingin mampu membuat kesan tersendiri bagi pengunjung. Untuk mencapai lokasi Grojogan Parangijo memang harus melalui jalan yang menanjak, sempit dan berkelok sehingga keterampilan mengemudi sangat dibutuhkan baik pengendara motor maupun mobil. Namun setelah tiba dilokasi semua rasa lelah perjalanan dan penat setelah sepekan bekerja langsung sirna seiring perjalanan menuruni tangga menuju grojogan di selingi kicau burung dan hawa dingin yang merasuk.

Di sini juga disediakan arena bermain untuk anak, flying fox, kolam renang, gardu pandang, gazebo-gazebo di beberapa titik dan warung-warung kecil dengan menu khas seperti sate kelinci, sate ayam, dan lain-lain. Bagi pengunjung yang tahan suhu dingin bisa mencoba berenang di kolam renang Parangijo dengan air yang sedingin es.

peta prijo-yas1

prijo-yas4

prijo-yas5
Setelah puas menikmati suasana Grojogan prijo-yas2
Parangijo, pengunjung bisa melanjutkan menjelajahi bumi intanpari seperti ke candi sukuh, candi cetho, grojogan jumog, resto kemuning, nova resto, java resto, omah kodok, tea walk, rumah makan mbak ning, kawasan tawangmangu, atau menuju puncak di perkebunan teh sambil menunggu sore hari untuk menikmati Sunset (matahari tenggelam) yang cukup menawan.

 Selamat berwisata….


Goresan Pena Yasmine

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar