Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Candi Cetho

Jun
25
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized

ceto3-yasDalam bahasa jawa cetho artinya jelas, Candi Cetho merupakan candi agama hindu yang berada pada ketinggian 1496 meter diatas permukaan laut, yang masuk wilayah Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.  Pada tahun 1842 keberadaan Candi Cetho di laporkan oleh Van Der Vlies, dan juga di teliti oleh AJ. Bernet Kempers, kemudian penggalian dan rekontruksi dilakukan tahun 1928 oleh Dinas Purbakala pemerintah Hindia Belanda. Candi Cetho terdiri dari sembilan tingkatan berundak, sebelum gapura besar terdapat dua patung penjaga, kemudian setelah gapura yaitu teras ketiga berupa halaman, teras ketujuh terdapat tulisan dengan aksara jawa kuno di dinding batu, dan terdapat sebuah tataran dari batu berbentuk kura-kura raksasa dan juga penggambaran hewan seperti mimi, katak, dan ketam. Di sebelah timur laut candi cetho menuruni lereng ditemukan sebuah candi dengan nama Candi Kethek (candi kera).

ceto-1-yasUntuk menuju ke lokasi Candi Cetho perlu persiapan baik fisik dan psikis, bagaimana tidak, jalan menuju candi cetho bisa dikatakan sangat extrem dan perlu extra kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan, kontrol emosi sopir sangat penting dijalur ini. Selain itu kondisi kendaraan juga harus extra fit baik itu kondisi mesin, rem, ban, dan juga bahan bakar harus terisi cukup, karena SPBU terdekat ada di karangpandan. Tanjakan extrem di mulai ketika dari perkebunan teh belok kanan menuju jalur ke arah Candi Cetho, sebaiknya hati-hati dalam memindah gigi transmisi kendaraan, lebih baik gunakan gigi satu. Apabila ada rasa takut atau ragu-ragu didalam hati lebih baik urungkan niat untuk menuju Candi Cetho atau ajaklah teman yang sudah mahir mengendarai kendaraan di tanjakan extrem. Karena beberapa kali kejadian mobil atau motor yang gagal melewati tanjakan dan akhirnya jatuh ke jurang sehingga menimbulkan korban, baik korban luka maupun korban meninggal. Berpapasan dengan kendaraan lain di jalur menuju candi cetho memang memacu adrenalin pengendara/sopir, karena jalaceto4-yasn yang sempit dan berkelok serta menanjak sedang pada saat berpapasan kadang kita harus berhenti untuk berbagi jalan dengan kendaraan yang lain. Padahal di kanan kiri jalan adalah jurang dengan kedalaman puluhan meter, dan beberapa titik belum ada pagar pengaman (guard rail). Kondisi berhenti dan mengerem di tanjakan inilah yang memerlukan perhatian lebih bagi sopir, yaitu saat mobil atau motor mulai berjalan setelah berhenti.

Jalur utama menuju Candi Cetho adalah sama dengan menuju ke perkebunan Teh Kemuning, hanya setelah memasuki area kebun teh kita terus saja menyusuri jalan utama menuju Kecamatan Jenawi yang ada di tengah-tengah kebun teh sampai menjumpai papan petunjuk arah ke candi cetho, ambil arah ke kanan dan langsung menanjak terus hingga sampai ke tempat parkir di bawah loket Candi Cetho. Setelah itu silahkan membeli tiket dan biasanya pengunjung diwajibkan memakai kain sarung bermotif kotak-kotak hitam putih. Kadang saat cuaca tertentu candi cetho diselimuti kabut yang cukup tebal sehingga mengurangi jarak pandang, dan membuat jalan yang akan dilewati menjadi basah dan licin, begitu juga jalanan di kompleks candi yang terbuat dari batu juga menjadi basah dan licin. Setelah naik sampai atas pengunjung bisa berbelok ke sebelah kiri lokasi candi cetho, di sini terdapat berjajar kios-kios kecil yang menjajakan souvenir serta makanan dan minuman.

ceto6-yas ceto5-yas ceto2-yas

Hawa sejuk nan dingin dan pemandangan yang asri membuat fikiran dan badan kembali menjadi segar dan tenang, seakan melupakan hebohnya kondisi perjalanan tadi. Setelah puas menikmati pemandangan yang eksotis di sini, maka pada saat perjalanan pulang juga harus extra hati-hati, karena saat menuruni lereng bukit kondisi rem harus benar-benar pakem dan selalu gunakan gigi rendah.

Mohon MAAF…. bukan maksud penulis menakut-nakuti pembaca yang akan berkunjung ke Candi Cetho, tapi memang demikianlah kondisi perjalanan menuju lokasi, yang penting sekali lagi adalah memperhatikan kondisi kendaraan, kondisi sopir, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan jangan memaksakan diri,  jika memang kondisi sopir lelah atau mengantuk (istirahat saja dulu), sehingga kejadian yang tidak kita inginkan bisa dihindari dan sampai tujuan dengan selamat.

Selamat berwisata dan hati-hati dalam perjalanan…..


Goresan Pena Yasmine

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Candi Cetho

Thursday 30 March 2017 | Ads, Uncategorized

Kami menjual produk tupperware di karanganyar, sebelumya apa itu tupperware ? Tupperware adalah nama merek terkenal…

Sunday 2 July 2017 | Uncategorized

Fullset, sarung bantal,taplak meja, tenun,tudung saji, tutup galon, tutup kulkas,tutup magicom, tutup saji. Isi Satu Fullset…

Thursday 20 July 2017 | Uncategorized

Halo sob , kali ini saya mau update Pembangunan Transmart Pabelan Solo di Sukoharjo untuk Juli 2017.…

Friday 29 May 2015 | Uncategorized

Adat istiadat, yaitu suatu tingkah laku seseorang yang terjelma dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mencerminkan jiwa…