Candi Sukuh

sukuh-1yasCandi Sukuh merupakan candi agama hindu yang terletak di lereng barat Gunung Lawu yang secara administratif berada di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi Sukuh pertama kali di temukan pada masa pemerintahan Hindia Belanda tahun 1815 oleh Johnson, yang saat itu menjabat sebagai Residen Surakarta. Pada tahun 1842, Van der Vlis, seorang arkeolog berkebangsaan Belanda melakukan penelitian terhadap Candi Sukuh, sedang pemugaran untuk pertama kali dilakukan pada tahun 1928. Candi Sukuh memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan candi lain seperti Candi Prambanan maupun Candi Borobudur, bangunan Candi Sukuh menurut penelitian cenderung mirip dengan kebudayaan Suku Maya di Meksiko. Bangunan candi ini terbagi menjadi 3 teras bertingkat yang terhubung oleh tangga berundak. Di sekitar bangunan utama candi terdapat beberapa patung seperti bima, arjuna, kura-kura, singa, gajah dan beberapa relief-relief.

Candi Sukuh berada di ketinggian 1.186 meter dari permukaan laut sehingga memiliki pemandangan yang asri dan hawa yang sejuk bahkan cenderung dingin dan berkabut pada saat-saat tertentu.

peta sukuh-2yas

Apabila kita naik ke puncak bangunan utama maka bisa menyaksikan lokasi pemukiman dibawahnya dari ketinggian. Untuk menuju Candi Sukuh pengunjung tetap melewati Jalan Raya Solo – Tawangmangu, setelah sampai Terminal Karangpandan naik sedikit sampai pertigaan ambil arah kekiri, kalau belok kanan akan menuju Tawangmangu. Dari sini terus saja mengikuti Jalan Raya Karangpandan – Kemuning hingga menemukan pertigaan, kalau kekiri menuju Kebun Teh Kemuning maka kita ambil jalan lurus naik sampai di Komplek Candi Sukuh.

sukuh-3yas

   sukuh-4yas sukuh-5yas
Setelah puas menjelajahi komplek Candi Sukuh, pengunjung bisa melanjutkan naik keatas menuju Taman Hutan Rakyat KGPAA Mangkunegoro 1 (TAHURA) atau menuju lokasi wisata lain di sekitarnya.


Goresan Pena Yasmine

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar