Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Grojogan Sewu Tawangmangu

Jun
21
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized

tw-9-yasSetelah sebelumnya penulis posting tentang grojogan di daerah Ngargoyoso, maka kali ini giliran Grojogan Sewu di Tawangmangu. Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun legendaris yang berlokasi di Kecamatan Tawangmangu, sekitar 27 km arah timur dari pusat kota Kabupaten Karanganyar. Grojogan Sewu berada di lereng Gunung Lawu sebelah barat yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan tebing yang menjulang tinggi di sebelah kanan dan kirinya. Grojogan Sewu berada di area Hutan Wisata Tawangmangu yang mempunyai luas area mencapai 20 hektar, memiliki berbagai jenis tumbuhan yang didonimasi oleh pohon pinus dan beberapa jenis fauna seperti kera yang sering menghampiri pengunjung, dan burung-burung yang terbang bebas di udara.

petaUntuk menuju Grojogan Sewu ada dua jalan masuk yaitu Pintu I di bagian atas yang mengharuskan pengunjung menuruni lereng dengan melewati 1.250 anak tangga. Jalur masuk yang satunya yaitu Pintu II di bagian bawah dengan jalur yang lebih bersahabat dan lebih landai sehingga cocok dilalui oleh pengunjung yang sudah tua maupun anak-anak. Tetapi kesan mendalam saat mengunjungi Grojogan Sewu adalah melewati Pintu I, karena harus naik turun tangga ypeta-1ang membuat kaki terasa gempor dan pegal-pegal, serta nafas yang ngos-ngosan. Apabila melewati Pintu I usahakan tidak menenteng tas yang berisi makanan, karena akan mengundang kawanan kera yang kadang merebutnya.

Untuk kali ini penulis melewati jalur Pintu II yang berlokasi di bawah grojogan sewu, yang berlokasi di Jl. Sekrincing menuju desa Tengklik. Apabila sudah sampai di Pasar Wisata/Terminal Bus Tawangmangu, maka kita naik sekira 100 mt ada pertigaan belok kekiri, kemudian melewati Puskesmas Tawangmangu lurus kemudian melewati Kantor Pos Tawangmangu, lurus saja sampai melewati jalan di depan River Hills Hotel, terus saja turun sampai di area parkir Pintu II Grojogan Sewu. Di sini area parkir tidak begitu luas sehingga hanya mampu menampung beberapa mobil pribadi dan motor, khusus untuk BUS tidak bisa melalui jalur menuju Pintu II. Setelah membeli karcis di loket maka pengunjung akan melewati sebuah jembatan dan mulai melalui   tw-1-yas   tw-2-yasjalan setapak yang terbuat dari batu alam, walaupun kadang naik dan turun tetapi jalur pintu masuk II ini tergolong lebih landai dan nyaman. Selama melalui jalan setapak ini di kanan kiri jalan masih sangat asri dengan tumbuhan menghijau dan hawa dingin yang sangat segar hampir tidak ada polusi udara. Setelah beberapa menit berjalan kita akan sampai di sisi utara sungai dan harus melewati sebuah jembatan legendaris yang terkenal dengan nama Jembatan Cinta.

tw-6-yas       tw-5-yas     Untuk mendekat ke grojogan sewu pengunjung harus extra hati-hati, karena di bawah air terjun adalah hamparan bebatuan dengan ukuran yang besar dan kebanyakan licin karena berlumut. Usahakan tidak mandi di bawah air terjun karena kemungkinan ada batu kecil yang ikut jatuh bersama air dari ketinggian 80 meter yang bisa membahayakan pengunjung, selain itu pada musim hujan kadang debit air terjun naik secara tiba-tiba. Untuk mengambil foto dengan latar belakang grojogan sewu memang membutuhkan kesabaran, selain harus antri kadang kabut air yang berada di sekitar air terjun mengganggu proses pengambilan foto. Untuk yang tidak membawa kamera sendiri bisa memanfaatkan jasa Fotografer yang siap membantu mengambil gambar pengunjung dan hasilnya bisa langsung jadi.

tw-10-yas

        tw-13-yas  tw-12-yas

tw-14-yas

Fasilitas di wisata grojogan sewu antara lain Kolam renang anak dan dewasa, warung makan, kios souvenir dan makanan, MCK, mushola, flying fox, tubing dan lain-lain. Di grojogan sewu pengunjung wajib mencoba sate kelinci yang merupakan kuliner khas Tawangmangu, atau sate ayam bagi yang tidak tega memakan daging kelinci (karena ingat wajah imut si kelinci).

  tw-3-yas tw-4-yas

Setelah puas menikmati suasana disini, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lainnya di sekitar grojogan sewu, antara lain Taman Balekambang, Kampung Hallowen, Griya Gayatri, Bumi Perkemahan Sekipan, Jalan tembus tawangmangu – magetan, Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, Telaga Sarangan, atau turun menuju kawasan wisata Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso. Bagi yang akan bermalam di Tawangmangu tidak usah bingung, karena banyak terdapat hotel dengan harga yang bervariasi.tw-11-yasApabila ingin menginap dengan harga yang lebih murah bisa menginap di perumahan penduduk sekitar yang biasanya menyediakan kamar khusus untuk disewakan. Biasanya saat melewati jalanan di tawangmangu akan bertemu dengan bapak-bapak yang menawarkan penginapan, pengunjung bisa memanfaatkan jasa bapak tersebut daripada bingung. Satu lagi yang wajib dicoba bagi anak-anak adalah naik kuda berkeliling yang biasanya mangkal di depan pintu masuk baik Pintu I maupun Pintu II, dan tidak usah kawatir karena ada pemilik kuda yang akan menuntun kuda sehingga aman bagi anak-anak.

Selamat berlibur, dan jangan lupa kunjungi juga channel youtube-ku….


Goresan Pena Yasmine

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Grojogan Sewu Tawangmangu

Wednesday 5 July 2017 | Uncategorized

Karanganyar, salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini memang menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik, terutama…

Monday 26 December 2016 | Uncategorized

  Batik merupakan salah satu warisan seni kraftangan negeri Terengganu. Saya pernah ditugaskan untuk menerbitkan video…

Wednesday 10 August 2016 | Uncategorized

Telah dibuka depot air minum isi ulang “dira” tirta yang mempunyai keunggulan bersih dan higienis. air…

Friday 30 December 2016 | Uncategorized

Enam ibu muda yang memiliki latar belakang pengalaman ini bergabung menjadi satu dan mengeluarkan brand produk…