Hardware Komputer

  • Hard Disk

download.jpg

Hard Disk merupakan alat media yang digunaka untuk alat penyimpanan.Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut.

Masalah dan solusi pada hard disk

  1. Hard Disk yang keformat

   Solusi :Lepaskanlah hard disk dan tancapkan pada komputer lain yang masih bisa untuk direcovery. Gunakan softwareta Bac Get Dak. Jika gagal gunakan saja Stellar Phoenix FAT & NTFS.

2. Data di hard disk terkena virus

Solusi : Format dengan Partisi I (berisi OS dan Program ) under DOS, dengan memformat Partisi 1 dalam format DOS, diharapkan seluruh induk dari Virus yang ada dipartisi 1 akan hilang, biasanya yang namanya virus saat ini selalu mengiduk didalam operating system.

Jika sudah diformat, coba cek data yang ada didalam partisi 2. Biasanya seluruh data yang teriveksi virus selalu mempunyai extensi yang tidak sama dengan extensi file yang asli. Langkah berikutnya rename ekstensi data tadi dengan ekstensi .rtf, sebelum anda me”rename” data anda ada baiknya dicek dulu adakah data yang mencurigakan selain data anda, jika anda delete saja selesai sudah proses penyelamtan data anda.

Jika anda punya HDD lain yg bisa dijadikan back-up data yang terkena virus akan jauh lebih memudahkan anda, karena setelah seluruh data dari komputer yang terkena virus bisa di “copy” kan ke HDD yang lain untuk bisa segera dihapus virusnya dikomputer lain yang tidak terkena virus, ini untuk menjaga jika langkah pertama yang anda lakukan beresiko merusak seluruh data yang anda punya.

  • RAM

download (1)

RAM merupakan alat penyimpanan data sementara. Loh  maksudnya? Perintah, data dan proses lainya disimpan sementara di memory ini. Jika komputer direstart, maka semua yang tersimpan di RAM akan hilang.

Masalah dan Solusi pada RAM

  1. Slot Memory atau Kuningan RAM kotor dan berdebu
Solusi : Bersihkan memory RAM dengan menggunakan penghapus karet. Cara membersihkannya yaitu dengan menggosok-gosokan pada kuningan tembaga pada memory RAM yang terlihat kotor secara merata.
   
     2.  Overclocking atau Memaksa kinerja RAM
Solusi : Beli RAM yang besar sehingga komputer tidak perlu di overclocking sehingga RAM tidak cepat panas dan dapat membuat RAM menjadi bagus kinerjanya.
     
    3. Tegangan Listrik yang tidak stabil
Solusi : Dengan menggunakan power supply atau UPS. dengan menggunakan power supply atau UPS paling tidak jika tegangan listrik dirumah sobat tidak bagus maka tegangan di UPS atau power supply akan menyimpan daya listrik sehingga tidak akan lengsung mati tetapi menyimpan beberapa menit untuk melakukan mematikan komputer secara prosedur.
  •  Keyboard

images
Merupakan papan ketik yang berfungsi untuk menampilkan output di layar monitor berupa angka, huruf, simbol-simbol, maupun perintah yang dapat dijalankan menggunakan keyboard.
Masalah dan solusi pada Keyboard
1. Connector keyboar renggang
Solusi : Mengganjal connector keyboard dengan kertas
2. Kabel data  keyboar yang terputus
Solusi : mengukur kabel data keyboard tersebut dengan menggunakan Avo meter. jika ditemukan ada kabel yang putus, maka ganti kabel tersebut dengan yang lain. atau anda dapat menyambung kembali kabel yang putus tersebut.
3. Banyak debu pada keyboard
Solusi : membuka keyboard tersebut dan membersihkannya dengan tisu yang diberikan alkohol hingga merata pada seluruh permukaan. oh ya didalam keyboard terdapat jalur penekanan karakter yang tebuat dari lembaran tipis yang diberi jalur PCB sebagai bahan dasar. terdapat tiga buah PCB. PCB atas, PCB bawah, dan yang tengah sebagai isolator.
  • MONITOR

images (1)Monitor adalah sebuah media output/ alat pengeluaran berbentuk gambar visual yang berasal dari sinyal elektronik komputer. Karena merupakan media visualisasi tampilan sistem operasi, penggunaan monitor pada komputer atau laptop memiliki peranan yang sangat penting dalam menampilkan pemrosesan data dan hasil dari pemrosesan tersebut.

Masalah dan solusi :

1. Monitor menjadi gelap saat loading window
Solusi : Lakukan booting windows dalam keadaan safe mode dengan cara menekan F8 saat komputer loading windows.
Lakukan instalasi ulang driver VGA Card. Setelah itu pilih jenis monitor yang cocok yang akan menentukan frekuensi maksimal yang akan ditampilkan oleh windows.
2. Monitor seperti berkedipsaat digunakan
Solusi : Pengaturan refresh rate yang tepat akan memberikan kenyamanan pada mata yang menggunakannya. Monitor yang memiliki refresh rate kecil akan membuat monitor seperti bergerak dan tidak stabil.
Untuk mengatur refresh rate, gunakan menu Display Porperties seperti pada gambar di atas. Pada tab Setting, klik button Advanced lalu akan muncul seperti gambar 17 di bawah ini. Dan pilih tab Monitor. Pada tab tersebut akan ditampilkan pilihan refresh rate yang diinginkan. Cobalah beberapa refresh rate tersebut untuk mendapatkan pilihan yang terbaik bagi monitor.


karya banggsa

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar