Korupsi di Kalangan Mahasiswa

indexKORUPSI !!!  Apa itu korupsi ? Siapa yang melakukan korupsi ?

Hampir sebagian orang akan berpikir bahwa korupsi itu merupakan tindakan menyelewengkan uang dan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai jabatan tinggi. Namun, itu merupakan opini yang salah. Pada faktanya, hal-hal kecil yang mungkin tidak kita sadari adalah salah satu tindak korupsi. Korupsi dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk kalangan mahasiswa. Mengapa bisa ? Yaa, karena ketidakjujuran yang dilakukan mahasiswa lah yang menyebabkannya. Apa kalian pernah melakukan hal-hal seperti di bawah ini ?

Mencontek

Kebiasaan buruk seperti ini sebenarnya sudah dilakukan sejak awal sekolah. Jika kita mencontek tugas teman atau bahkan mencontek pada saat ujian, berarti sama saja kita tidak percaya diri dengan kemampuan kita. Kita akan terus menerus minder dan pada akhirnya mencontek dijadikan sebagai kebiasaan.

Plagiat Tugas

Mahasiswa yang notabene jarang atau bahkan tidak pernah jauh dari tugas pasti akan berpikir keras bagaimana cara agar tugas dapat selesai, tetapi tidak perlu pusing-pusing. Mereka akan mencari cara yang instan, cara yang mereka pikir merupakan jalan terbaik. Yaa, mereka akan mem-plagiat tugas temannya atau punya kakak tingkat yang dulu sudah pernah membuat tugas yang sama. Namun, di zaman modern ini, plagiat juga dapat diambil di internet. Mereka pembuat tugas langsung copy paste tanpa mencantumkan nama sumber. Bahkan lebih parahnya, mereka men-cap itu adalah asli buatannya. Bukankah mengambil hak milik orang lain merupakan tindak korupsi ?

Titip Absen

Mereka yang malas pergi ke kampus kebanyakan akan titip absen kepada teman mereka yang masuk. Titip absen pada nantinya akan membuat ketergantungan mahasiswa bahkan sampai lulus nantinya. Ketidakjujuran inilah yang menyebabkan titip absen termasuk korupsi.

Datang Terlambat

Semua orang pasti pernah mengalaminya, bahkan tidak terkecuali mahasiswa. Bagi mahasiswa, terlambat sering sengaja dilakukan, tetapi ada juga yang tidak sengaja melakukannya karena ada hal-hal yang tidak terduga. Mengapa terlambat termasuk korupsi ? Karena terlambat, waktu yang seharusnya kita gunakan untuk kegiatan belajar malah terpotong karena keterlambatan kita dan itu termasuk korupsi waktu.

Itulah hal-hal yang sering dilakukan mahasiswa, tetapi mereka tidak pernah menyadarinya bahwa itu termasuk korupsi. Sebagai generasi muda yang pada nantinya akan menjadi penerus bangsa ini, sebaiknya kita menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk itu.

 


Rochmani Lilis

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar