Mata Air Senjoyo, Kab. Semarang

Diajakin ke Mata Air Senjoyo, di Kab. Semarang ma temen, langsung berangkat aja dah. Daripada hari minggu kemaren cuman bengong aja gak ada kerjaan. Maklum pas off dari segala kerjaan, hari minggu kemarin. Biasanya jalan ma si Mbun touring kemanalah, tapi karena dia lagi ada kerjaan ya anteng aja di rumah. Eh ada yang ngajakin jalan malah……

Minggu, 22 Februari 2015………

Bengong di rumah dari pagi, bangun gara-gara mau nonton My Trip My Adventure ma Survival di Trans TV. Gak ada planning apa-apa hari itu. Eh ada bbm yang ngajakin gue main ke Senjoyo, dari Mamang Olsen. Wkwkwkwkwkwkw. Udah deh gue iya in aja. Berangkat jam 10 pagi habis nonton nya kelar.
Si mamang sih ngajakin ke sana mau lihat anak-anak pecinta Aqua Scape pada ngapain gitu. Sekalian cari barang apa katanya di sana. Iya in aja deh.

sen4
Perjalanan dari rumah gue ke Senjoyo sekitar 5 menit doang klo agak ngebut. Klo santai ya paling sekitar 10 – 15 menit perjalanan. Lokasinya di perbatasan Salatiga-Kab. Semarang. Nah buat menjangkaunya gampang banget. Klo dari arah Semarang atau Kota Salatiga tinggal ikuti aja jalur ke arah Solo sampai ketemu sama Terminal Bus Tingkir, tinggal maju dikit sekitar 100 meter nanti ketemu papan petunjuk arah ke Senjoyo. Klo dari arah Solo juga gampang, tinggal ke arah Semarang, nah sebelum Terminal Bus nanti ada papan petunjuknya. Nah dari papan petunjuk itu tinggal belok aja dan ikutin jalan. Sekitar 1 km kita udah ketemu deh sama Mata Air Senjoyo.

sen37
Klo ke Senjoyo ini, gue seneng jalan lewat kampung-kampung gitu. Biar gak banyak nemu polusi udara. Sekitar 10 menit, pake acara jemput mamang dulu di rumahnya, sampai dah ke TKP. Bayar parkir cuman Rp. 2.000 doang buat motor. Klo mobil berapa ya? Gue gak tau.

sen28sen25
Nah, di Senjoyo ini kita bisa pilih mau main air di sisi sebelah mana. Karena ada beberapa tempat dalam satu lokasi yang biasa jadi favorit masyarakat sekitar atau pengunjung yang datang.sen26
Kayak aliran sungai yang sudah dibangun kek selokan yang besar. Sudah bagus plus ada jalan kecil disampingnya. Nah tempat ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang datang buat cuci motor nya.

sen5sen6
Ada juga yang menyerupai sungai besar, tapi airnya cukup rendah dan masih dipenuhi dengan tumbuhan-tumbuhan air plus batu-batu dari yang besar ampe yang kecil. Airnya jernih banget. Nah tempat ini biasanya buat mandi orang-orang karena airnya jernih. Kadang juga ada yang pakai buat cuci baju atau apalah itu di sini. Dan kita bisa temukan juga tanaman selada air atau Jembak (jangan ampe salah ucap ye, hahahahaha), sebutan dari masyarakat sekitar. Ini nih, tempat utama yang jadi tujuan mamang ma gue, dia mau lihat teman-teman klub Alga (kumpulan pecinta Aqua Scape Salatiga gitu) yang lagi berburu apa aja yang bisa dijadiin bahan buat aqua scape nya.

sen36sen30sen29sen8sen7
Nah sisi yang lain kita bisa menemukan 3 mata air yang sudah dibangun menyerupai kolam gitu. Ada 2 kolam di depan yang biasa digunakan buat mencuci apa aja kek baju, karpet, peralatan rumah tangga. Emang gak ada tulisan khusus atau pembagian khusus tentang kegunaan tiap kolam atau area yang ada, cuman kebiasaan dari masyarakat sih. Nah kolam-kolam yang ini airnya agak keruh. Maklum buat cuci. Udah tercemar detergen.

sen11
Buat yang mau mandi atau berenang ala kadarnya, bisa ke kolam yang dibelakangnya. Air di kolam ini cenderung bersih dan jernih. Makanya orang-orang pakai buat mandi.

sen13
Nah satu lagi area yang banyak air nya mirip ma waduk atau empang atau apalah itu ada di dekat sama 2 kolam ini. Klo yang ini banyak tumbuhan di dalam airnya plus ikan-ikan kecil khas air tawar. Airnya juga gak dalam-dalam banget sih. Nah yang area ini biasanya dipake orang-orang buat mancing atau cari ikan.

sen32sen24sen17sen16
Waktu kami ke sana, kebetulan ada sekumpulan orang dari suatu organisasi lagi bersihin aliran sungai yang dekat mata air, klo gak salah dari FJB (Forum Jateng Bersatu) yang terdiri dari beberapa organisasi dan elemen masyarakat. Salut dah, mereka peduli banget ma kondisi di sana. Apalagi sampah yang bertebaran di sungai, yang kebanyakan sampah bekas detergen ataupun sampo dan yang lainnya. Susahnya orang-orang buat jaga kebersihan, udah disediain tempat sampah, masih aja sembarang. Apa sih susahnya sabar buat cari tempat sampah, trus baru deh buang sampah nya??? Banyak yang lebih cuek ma kebersihan daripada ma yang peduli. Buat yang baca tulisan gue ini, bantuin ya buat jaga lingkungan. Buang sampah pada tempatnya. Oke? Emuachhhhhhhh

sen35
Awal gue datang ma si mamang, kita sih langsung ke daerah yang aliran sungai tapi yang rendah masih banyak tanaman nya, si mamang mau lihat lagi pada ngapain tuh komunitas Alga.
Habis tuh kita jalan naik ke bukit kecil di atas mata air. Kita naik lewat jalan yang sekarang udah bagus dekat kolam mata air. Lalu lewat jalan setapak diantara semak-semak dan pohon. Nah disini, kita ketemu sama sepetak tanah yang lantainya sudah disemen dan diberi pagar. Klo gak salah sih, tempat ini biasanya dipake buat ritual atau bertapa pada hari-hari tertentu oleh orang-orang yang datang untuk mencari wangsit atau apalah itu namanya. Tau ya yang gue maksud gimana? Hehehehe. Pokoknya ni mata air dahsyat dah, sering banget orang lakuin ritual yang berbau-bau mistis gimana gitu di sini.

sen34sen21sen20
Sampai deh di atas. Nah bukit ini biasa digunakan buat area perkemahan atau outbond gitu. Klo gak paling ya dipakai anak-anak muda buat nongkrong, atau pasangan yang lagi berdua-duan gitu. Lumayan luas dan banyak juga tumbuhan besar yang masih kokoh disana. Kebetulan pas kita ke bukit, ada kegiatan outbond, gue gak tau dari mana, dan ada acara pelantikan pramuka ambalan SMA 1 Tengaran. Nah kalian yang mau ada acara kemah sekolahan atau outbond, bisa nih pake tempat ini.

sen33sen23sen22
Dari bukit kita turun ke bawah lagi lewat jalan aspal desa yang udah bagus, dari sisi lain bukit. Cuman jalan kaki doang. Oya, di Senjoyo ini juga ada beberapa batu yang mirip dengan batu candi. Boleh dibilang kek peninggalan sejarah. Tapi gak tau lagi deh batu-batu yang lain kemana. Soalnya yang tersisa tinggal beberapa bongkah batu aja. Sayang ya, banyak orang yang gak bertanggung jawab yang menjarah batu-batu sejarah ini. Mungkin juga karena pemerintah kurang serius menjaga nya. Mungkin ya…..

sen31
Habis itu, langsung dah melahap yang namanya Rolade Jembak. Hahahahaha, gak lengkap klo ke Senjoyo gak makan rolade jembaknya, cuman Rp 500 doang satunya. Tempat nya ada dikolam yang buat mandi dan berenang.
Klo dilihat nih, gak sehat n bersih sebenarnya. Coz jembak nya dicuci di mata air yang mungkin juga tercemar kotoran atau detergen dari sekitar, dan ni jembak langsung di cuci di kolam itu. Selain itu juga waktu mengolah dan memasaknya, ala kadarnya banget. Gak tau deh tangan tuh penjual bersih gak waktu mencampur ma tepung, gak tau juga tuh minyak udah berapa kali di pakai, hiiiiiiiiiii. Udah tau gak sehat, tapi tetep aja ya gue makan? Cuekin dah, habis enak sih. Gak cuman rolade jembak aja, diwarung ini juga menjual gorengan yang lain. Klo pas hari minggu gini, banyak penjaja jajanan di Senjoyo. Coz, klo hari minggu atau liburan banyak orang yang datang ke sini. Dan petualangan singkat n super irit ini pun berakhir dengan menikmati rolade jembak. Hahahahahahaha.

sen14sen12sen2sen1sen10sen3
Buat kalian yang mau mandi atau main-main ke Senjoyo, jangan lupa untuk slalu jaga kebersihan ya…..

Pengeluaran:
Parkir motor Rp 2.000
Gorengan    Rp 5.000
Total             Rp 7.000

sen27sen19sen18sen15


Jalan-Jalan ala VINO

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar