Wisata Kota Klaten

Klaten adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Boyolali di utara, Kabupaten Sukoharjo di timur, serta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan dan barat. Kompleks Candi Prambanan, salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, berada di Kabupaten Klaten. Klaten mempunyai segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan ataupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Tempat Wisata Terbaik di Klaten yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Klaten

  • Umbul Ponggok

5Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata di Klaten Jawa Tengah, Umbul Ponggok lokasinya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Tempat wisata ini merupakan sebuah kolam besar yang berukuran 6000 meter persegi yang juga memanfaatkan sumber mata air sehingga airnya cukup jernih. Di kolam ini terdapat ikan air tawar dan dasar kolamnya merupakan pasir, sehingga wisatawan bisa snorkeling sambil melihat ikan berwarna-warni disini.

  • Umbul Kapilaler

Umbul-KapilalerUmbul Kapilaler adalah tempat pemandian putri yang masih digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Dasar kolam ini masih berupa batu dan tanah.  Umbul ini berada di dekat sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum untuk dikemas menjadi air minum kemasan. Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya.Tempatnya yang rindang membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini.

  • Candi Plaosan

img_20120205151123_4f2e39ab26c05

Masih di kecamatan Prambanan. Sekitar 1 km ke arah timur dari Candi Prambanan kita akan menemukan candi lain yang tidak kalah megah. Candi yang dimaksud adalah Candi Plaosan. Candi ini berada di dukuh Plaosan, desa Bugisan. Candi Plaosan merupakan sebuah candi Buddha. Hal ini ditandai dengan adanya arca Buddha serta candi-candi pendamping yang berbentuk stupa. Kompleks candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada masa kerajaan Mataram Kuno. Kompleks candi sendiri dibagi menjadi dua yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul

  • Rawa Jombor

Rowo

 

 

Rowo Jombor terdapat di desa Krakitan kecamatan Bayat, menyajikan pemandangan alam yang indah dan terdapat rawa yang lumayan besar. Oleh masyarakat sekitar rawa tersebut dimanfaatkan untuk saluran irigasi dan juga ada yang memanfaatkannya untuk memelihara ikan didalam terumbu. Karena banyaknya warga yang memelihara ikan maka kemudian dibuatlah warung-warung terapung yang terletak diatas rawa. Warung-warung tersebut menyajikan hidangan dengan menu khas ikan air tawar hasil budidaya warga. Dengan banyaknya warung terapung yang terdapat di Rowo Jombor maka tempat ini sering juga disebut dengan warung apung.

  • Wisata Religi
komplek-sunan-pandanaran
Ada banyak wisata religi yang terdapat di daerah Klaten. Wisata religi yang terkenal terdapat di kawasan Bayat. Yaitu makam Ki Ageng Pandanaran,  merupakan salah seorang tokoh penyebar agama Islam yang merupakan murid dari Sunan Kalijaga.  Di kompleks makam ini akan kita temui gapura yang merupakan peralihan budaya dari budaya Hindu ke budaya Islam.
  • Puncak Clongop
clongop5
Puncak Clongop sejatinya masuk ke dalam wilayah Watugajah, Gedangsari, Gunung Kidul. Tapi, jika kamu dari Jogja atau Solo, akses kemari lebih mudah ditempuh dari Klaten melewati jalan penghubung Klaten–Gunung Kidul. Melewati Bayat, sepanjang jalan kamu akan menemukan beberapa tempat menarik, seperti, Curug Luweng Sampang dan Curug Indah. Untuk mencapai Puncak Clongop, kamu mesti melalui jalan menanjak yang cukup curam. Hati-hati, pakai kendaraan yang sip kalau mau ke sini. Di Puncaknya, kamu akan menemukan panorama pegunungan dan kota Klaten di kejauhan.
  • Objek Wisata Cokro
09padusan-1
Obyek Mata Air Cokro (OMAC) atau disebut juga Umbul Cokro Tulung ini merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Klaten, lokasinya berada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Tempat ini menawarkan wisata air dengan memanfaatkan sumber mata airnya langsung untuk air kolamnya. Disini terdapat kolam renang atau semacam waterpark dengan berbagai permainan, selain itu juga tersedia kolam renang alami yang berasal dari mata air murni.


karya banggsa

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar