Di Balik Mungilnya Kabupaten Bondowoso, Ada Destinasi-destinasi Ini yang Seru Dikunjungi!

Itu kalimat yang sering muncul dari mulut orang saat kamu bercerita tentang kabupaten Bondowoso. Kota ini memang wallflower — tidak terlalu menampakkan keberadaannya dibandingkan kota-kota lain di sekitarnya. Letaknya di Jawa Timur, bersebelahan dengan kota Jember dan Situbondo. Yang biasa dijuluki dengan kota penghasil tape ini tak memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, sehingga keindahannya masih terjaga asri.

Tapi jangan memandang Bondowoso sebelah mata. Meskipun belum seterkenal kota induknya Surabaya, Bondowoso memiliki berbagai keindahan alami yang dikelilingi gunung-gunung dan cuaca yang dingin dan diselimuti cuaca yang dingin. Tidak akan mengecewakan, list wisata di Bondowoso ini wajib kamu masukkan ke bucket listkamu.

 

Segarnya si air terjun kembar bisa membuat kamu tampak awet muda.

Si kembar air terjun unggulan Bondowoso (kredit: Jaya Sudadio)

Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Tancak Kembar karena sumber dari air terjunnya ada 2, berada di desa Andongsari kecamatan Pakem Bondowoso. Dari kota Bondowoso menuju ke arah barat 25 km, air terjun dengan ketinggian 77 m ini dikelilingi oleh hutan lindung yang masih asri serta pusat penelitian kopi Arabica dan kakao. Dan konon katanya, jika pengunjung mencuci muka dengan air dari air terjun ini akan awet muda. Tuh, daripada perawatan mahal-mahal? Hehe.

 

Kejar dan tangkap Blue Fire di kameramu, yang hanya bisa dilihat di Kawah Ijen.

Keindahan kawah Ijen yang tiada duanya (kredit: Afif Rizqiawan)

Loh, Kawah Ijen bukannya di Banyuwangi ya, kok ada dua sih? Bukan ada dua, tapi memang letak dari gunung berapi aktif ini ada di perbatasan kota Bondowoso dan Banyuwangi — jadi masih bisa diklaim sebagai milik kota Bondowoso maupun Banyuwangi. Gunung dengan ketinggian 2433 mdpl ini mempunyai ciri khas blue fireatau bola api bewarna biru yang turun ke kawahnya di waktu tertentu, untuk bisa melihat blue fire ini di dunia cuma ada 2 tempat yaitu Islandia dan Ijen aja. Jadi tunggu apa lagi untuk melihat keajaiban yang langka di dunia ini?

 

Lihat keindahan pancaran pelangi di air terjun Kosabeh ini!

Pelangi dari bias air terjun sukosawah yang indah (kredit: Akhmad Fadillah)

Air terjun ini dinamakan air terjun Sukosawah karena lokasinya yang berada di desa Suko Sawah. Dalam bahasa Madura, sawah itu sabeh, jadinya masyarakat sekitar menyebutnya dengan ‘Kosabeh/. Air terjun yang belum banyak dikenal orang-orang ini masih sangat terjaga keasriannya, dan perjalanan menuju ke lokasi tersebut membutuhkan tekad yang tinggi karena beratnya medan. Tapi ini worth it untuk dikunjungi, karena kamu akan dapat sejuknya percikan air terjun, asrinya alam sekitarnya dan bias pelangi yang menghiasinya. Jadi gak percuma melewati medan yang berat, kamu mendapat pemandangan yang sangat indah.

 

Mau merasakan I Feel Free ala Farah Quinn di Kawah Wurung?

Nikmati keindahan sabana di Kawah Wurung.

Tentu masih inget ‘kan dengan kejadian di entertainment si artis Farah Quinn yang mengunggah foto dengan caption I Feel Free di suatu lokasi wisata? Nah, lokasinya adalah Kawah Wurung yang terletak di daerah pegunungan Ijen. Kawah wurung ini adalah perbukitan hijau yang dipenuhi dengan rumput, bunga-bunga unik yang menghiasi sabananya. Kawah Wurung memiliki kontur berbukit-bukit yang dipenuhi dengan rerumputan hijau, melihatnya sangat menyegarkan mata.

 

Air terjun yang menggantung, cuma air terjun Gantongan!

Segarnya air terjun Gantong (kredit: Fahmi Lutfiah)

Kabupaten Bondowoso memang didominasi dengan orang-orang berbahasa Madura. Ini menyebabkan semuanya masih berbau dengan Madura, termasuk air terjun ini. Diberi nama Gantongan yang dalam bahasa Madura artinnya menggantung, air terjun ini terlihat seakan menggantung di antara tebing cadas. Lokasinya terletak di Afdeling Watu Capil, masih di daerah pegunungan Ijen. Air terjun ini berbeda dengan lainnya karena airnya yang berwarna kuning, hal ini disebabkan airnya berasal dari air asam Kawah Ijen.

 

Gak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk lihat Stonehenge, di Bondowoso juga ada kok.

Stonehonge versi Indonesia, di Batu So'on Solor.

Stonehenge versi Indonesia ada di Bondowoso, dengan nama Betoh Soon (read: Batu Junjung). Terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo kecamatan Cerme, desa Solor. Batuan purba ini besar, tinggi, kokoh dan tersusun begitu rapi, selain itu keasriannya masih bisa dinikmati.

 

Taklukkan pegunungan Ijen dan nikmati sunrise di Gunung Suket.

Nikmati pancaran sinar matahari dari gunung suket (kredit: Adi Susanto)

Kelompok pegunungan Ijen terdiri dari Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Ijen itu sendiri. Kali ini yang akan dibahas adalah gunung suket, gunung yang memiliki ketinggian 2950 mdpl yang juga tak kalah indahnya dengan kedua gunung di kelompoknya. Untuk mendaki gunung ini harus memiliki nyali yang besar, karena medan yang bisa dibilang tak mudah. Jadi kalian yang ingin mempunyai tantangan dalam bereksplor, gunung suket ini bisa dijadikan pilihan.

 

Kamu harus melihat dan mengabadikan momen di Guest House peninggalan Belanda yang Instagrammable ini.

Rumah bekas peninggalan Belanda yang sangat unik di Jampit (kredit: Shofiudin)

Guest House Belanda ini masuk dalam wisata agro Jampit, yang menyuguhkan keindahan rumah peninggalan keluarga Belanda yang pernah tinggal di sana sebelumnya. Rumah yang berasitektur ala Eropa dengan dominasi kayu, dihiasi dengan bunga-bunga cantik yang konon didatangi langsung dari benua biru itu memang sangat indah. Kamu bisa berfoto-foto di sana sepuasnya, karena kamu akan menemukan banyak spot yang bagus dan indah untuk berekspresi diri.

 

Bermain-main ilalang yang indah ala-ala film yang bisa kamu nikmati di Kawah Ilalang ini.

Bermain dengan ilalang di kawah ilalang yang sangat mengasyikan, (kredit: Adi Susanto)

Kawah ilalang ini berada di sebelah timur dari kawah wurung, dusun Curah Macan, desa Kalianyar kecamatan Sempol Bondowoso. Pesona kawah ilalang ini adalah ilalang yang tumbuh subur di sekitar lokasi yang sangat jarang ditemui di tengah kota. Dengan ditambah hembusan angin yang membuat seakan terdengat auman singa, dan dihiasi panorama pegunungan ijen di sekitarnya menambah keindahannya.

 

Ke air terjun Niagara mini ala Indonesia aja di Bondowoso.

Versi mini air terjun niagara (kredit: Meilinda Pujiwati)

Ingin ke air terjun Niagara di Ontario Amerika? Gak usah jauh-jauh deh, liat dulu versi mini Indonesianya. Di bondowoso tentunya, air terjun mini Niagara ini cukup untuk dijadikan tujuan wisata kamu. Air terjun yang ketinggiannya tak sampai 7m ini sangat indah, dengan guyuran airnya yang khas, serta dikelilingi oleh kebun kopi Arabica.

 

Itulah list wisata dari Bondowoso yang wajib banget kamu kunjungi, gak perlu ragu lagi mengunjungi kota yang kecil ini. ingin menikmati keindahan alam yang asri, Bondowoso menyuguhkannya dengan baik. Jadi yuk, berpetualang!

sumber : http://www.hipwee.com/travel/di-balik-mungilnya-kabupaten-bondowoso-ada-destinasi-destinasi-ini-yang-seru-dikunjungi/


Travell Boy

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar