Pemasangan Lampion di Pasar Gede, Kota Solo

Perayaan Imlek sebentar lagi tiba, suatu moment yang ditunggu oleh sebagian masyarakat, khususnya masyarakat Tionghoa dalam menyambut tahun baru. Bagi masyarakat non Chinese pun biasanya turut bersuka ria menyambut moment Imlek ini. Selain karena sudah ditetapkan sebagai hari libur di era Presiden Gusdur, karena biasanya ada perayaan-perayaan meriah yang digelar untuk masyarakat luas.

Di Indonesia, Kota Solo menjadi salah satu destinasi yang tepat untuk merayakan Imlek. Dari tahun ke tahun, area sekitar Pasar Gede sampai bundaran Gladak biasanya dihias dengan lampion-lampion, lampu-lampu dan ornamen lainnya. Selain itu, aneka kegiatan juga digelar. Berikut agenda acara perayaan Imlek di Kota Solo 2016, yang saya dapat dari info di suatu facebook Komunias di Kota Solo

Screenshot_2016-01-25-10-08-13-1

Nah untuk lampion nya sendiri, proses pemasangannya sudah dilakukan dari minggu lalu. Saya hanya sempat sekali datang ke lokasi pemasangan lampion, yaitu kemaren Rabu, 20 Jan 2016, sekitar jam 11 malam. Di lokasi ini pun saya ketemu dengan beberapa temen motret yang punya niatan sama. Bahkan ada temen yang motret pemasangan lampion ini hampir tiap malam. Saya gak sanggup sih, karena pagi-pagi masih harus ngantor lagi. Haishhh

Berikut beberapa foto saat pemasangan lampion tersebut. Jumlah orang yang bekerja sekitar 5 – 7 orang. Ada yang bertugas menyiapkan lampion hingga berbentuk bulat, ada yang kemudian menyemprot cat minyak agar lebih menarik warnanya, dan sebagian besar melakukan instalasi.

IMG_4891

 

IMG_4862

 

IMG_4876-01

 

IMG_4906

 

IMG_4904

 

IMG_4916

 

IMG_4915

 

IMG_4975

 

IMG_4983

 

Pemasangan Lampion ini sengaja dilakukan tiap menjelang tengah malam, tentunya agar tidak terganggu dan mengganggu arus lalu lintas di area situ. Termasuk aktivitas para pedagang atau pekerja di Pasar Gede yang tetap berlangsung normal selama proses pemasangan lampion tersebut.

IMG_4947

 

IMG_4900

 

IMG_4934

 

IMG_4894-01

 

Jadi, lampu-lampu lampion Imlek ini rencananya akan mulai dinyalakan besok, tanggal 28 Jan 2016. Beberapa kali sudah diuji coba dinyalakan sebelumnya. Dan setiap kali melintas di jalan area sini saat sore pulang kantor pun, saya sering melihat para “alay” dan kawan-kawan yang sudah asik berkumpul buat berselfie ria bersama.

 

Jadi, Ayooo ke Solo

 

Salam,

Tapakasmo.com


tapakasmo

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar