Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Tidak Ingin Sekolah

Jul
10
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized

hqdefaultAkhir-akhir ini Anita yang sudah duduk di kelas IV SD, kelihatan tidak seperti biasanya. Dia menjadi malas, hidupnya berantakan, lesu, dan bahkan sering membolos sekolah. Namun, hanya satu yang menjadikannya semakin rajin, yaitu membantu kakaknya membuat karangan bunga. Karangan bunga “ANDRI” memang cukup terkenal, bahkan banyak juga pembeli dari mancanegara. Andri merupakan kakak Anita. Ia merupakan seorang wirausaha yang cukup berhasil. Sebenarnya Andri adalah seorang sarjana, tetapi karena kesulitan mencari pekerjaan, akhirnya ia membuka usaha karangan bunga bersama teman kuliahnya.

“Kak Andri, kenapa kakak tidak bisa seperti Pak Habibie yang bekerja di perusahaan penerbangan, padahal kakak kan sudah lulus sarjana ?” Anita mulai membuka pembicaraan di tempat mereka bekerja.

“Anita, kalau ingin seperti Pak Habibie ya harus sekolah yang lebih tinggi dan pandai. Eh…ngomong-ngomong sebelum ke sini kamu sudah mengerjakan PR belum ?” tanya kak Andri.

“Sudah kak,” jawab Anita bohong.

Hari terus berganti hari. Kebiasaan Anita yang suka membolos semakin menjadi-jadi. Dia sudah dua kali mendapat teguran dari gurunya. Nilai-nilai harian di sekolahnya pun mengalami penurunan yang drastis. Perubahan itu kurang diketahui oleh keluarganya karena mereka sibuk.

Tes ulangan akhir semester satu pun tiba. “Anita, belajar dulu dong, kok nonton TV terus padahal besok kan sudah tes ?” tegur ibunya sambari mematikan TV. Anita malas sekali beranjak dari tempat duduk. Buku-bukunya telah lama menanti untuk dibaca, tetapi ia malahan tidur. Sampai pada akhirnya, waktu penerimaan rapor pun tiba. Nilai-nilai Anita pun turun drastis. Itu menjadi awal kemarahan ibunya tak terkecuali kakaknya.

“Anita, kamu maunya apa sih? Dulu kamu bisa masuk lima besar, tetapi sekarang justru nilai lima yang ada di rapor,” marah kak Andri.

Anita yang merasa dimarahi hanya bisa diam.

“Apa kamu tidak ingin seperti Pak Habibie atau yang lainnya ?” tanya kak Andri lagi.

Kata-kata beruntun terus ditujukan kepada Anita di siang itu. Untunglah ibunya Anita sabar, sehingga ia bisa melerai kak Andri. Setelah keadaan kembali tenang, Anita hanya bisa murung sendirian di kamar.

Hingga suatu malam, ibunya Anita mengetuk pintu kamarnya. Tok..tok…tok…”Boleh ibu bicara sebentar ?”

“Masuk saja bu,” sahut Anita dari dalam kamar.

Sambil mengelus rambut Anita, ibu memulai pembicaraan. “Sayang, sebenarnya kamu ada apa ? Kalau kamu jujur, ibu janji tidak akan marah.”

“Untuk apa sekolah bu ? Lihat saja Kak Andri, dia sudah sekolah sampai tinggi, tetapi pekerjaannya hanya membuat karangan bunga. Anita yang masih SD saja juga bisa,” jawab Anita dengan polosnya.

“Anita…Anita…sekolah itu bukan untuk mencari pekerjaan atau jabatan, melainkan supaya menjadi tahu dan berilmu pengetahuan. Kalau Anita bisa membuat karangan bunga, tetapi apakah Anita bisa membuat perhitungan biaya agar tidak rugi ? Apakah Anita bisa berbahasa asing kalau sewaktu-waktu ada pembeli dari luar negeri ?” tanya ibu.

Anita hanya bisa bengong mendengar penjelasan ibunya.

“Benar juga ya,” batin Anita.

“Nah itu semua perlu sekolah. Anita mengerti kan ?”

“Iya bu. Anita memang salah dan Anita berjanji mau memperbaiki nilai Anita.”

“Iya nak. Sekarang Anita tidur ya, sekarang hari sudah malam,” ucap ibu kembali.

Mulai saat itu, Anita kembali menjadi anak yang rajin. Dia tidak lagi malas untuk belajar, sehingga nilai-nilainya pun kembali bagus.


Rochmani Lilis

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
tags: ,

artikel lainnya Tidak Ingin Sekolah

Wednesday 5 April 2017 | Uncategorized

Tim Suro-Boyo dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS), Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya…

Wednesday 21 June 2017 | Uncategorized

Halo sob , kali ini saya mau update dan membagikan Sudah Kenal Belum Pitik Keju UMS.…

Sunday 7 June 2015 | Uncategorized

Lowongan Kerja Marketing di Sophie Souffle Honggowongso – Solo Sophie Souffle Bakery – Donut – Pastry Jl.…

Monday 17 July 2017 | Uncategorized

Dapat di coba pada Windows anda . windows7 Yaitu :: 01. Back-up dahulu registry sebelum diedit.…