Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Pentingnya PAUD dalam Pendidikan

Nov
17
2017
by : . Posted in : Uncategorized

Waktu saya mau pergi ke Bali dari Jakarta…saya sempat membaca buku didalam ruang tunggu bandara dan bahasan didalamnya membahas tentang PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini). Ada hal yang saya ambil dan catat untuk keperluan saya menulis.

PAUD itu satuan pendidikan penting, karena anak – anak PAUD sedang dalam usia emas. Disanalah anak – anak apakah akan menjadi sarjana atau durjana. Itulah letak pentingnya PAUD, sedang di kita PAUD masih dimarjinalkan dan masih mengutamakan pendidikan tinggi. (Anggota Komisi X DPR RI Popong Otje Djunjunan).

Pendidikan di pendidikan tinggi adalah penerapan/ditekankan mengenai ilmu pengetahuan. Tenaga pendidik di PAUD harus benar – benar professional, Saat ini pendidikan masih terkesan asal-asalan sehingga efek yang  ditimbulkan juga tidak akan baik. 

Menurut Wikipedia  arti Pendidikan Anak Usia Dini itu adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang  pendidikan dasar. Kegiatan yang bertujuan untuk  pembinaan  bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Prosesnya adalah dengan memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani. Hasil akhirnya adalah agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini

  • Infant (0-1 tahun)
  • Toddler (2-3 tahun)
  • Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
  • Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)

Menurut Permendiknas no 58 tahun 2009 menyebutkan bahwa PAUD adalah satu kegiatan yang menitikberatkan kepada peletakan ke dasar ke arah pertumbuhan dan 5 perkembangan yaitu: pendidikan moral dan agama, perkembangan fisik, (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan/kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan emosi) dan bahasa sesuai dengan tahapan perkembangannya.

paud                                               PAUD (1)

http://spsanggrekbulan4.wordpress.com/                                                                         baltyra.com

Ternyata pengertian dari PAUD sendiri adalah proses panjang dalam pendidikan dan saya pun baru tahu setelah mencari banyak informasi. Padahal kalau saya ingat – ingat banyak orang bilang pada proses sebelum TK itu masuk masa PAUD, tetapi kembali pada pengertiannya TK masih masuk dalam masa PAUD. Pada dahulu kala masih belum terkenal dengan nama PAUD, sebelum TK terkenal dengan masa playgroup atau yang dengan bahasa mudahnya disebut sebagai taman bermain.

 

Kembali ke masa kecil saya dulu,

Saya masih ingat dahulu sebelum saya masuk TK……saya berkeinginan sekali mengikuti teman – teman yang bersekolah, padahal waktu itu umur saya baru 3 tahun. Daan seingat saya dahulu, jaraaaaaaangg sekali pendidikan sebelum TK yang familiar disebut sebagai playgroup. Akhirnya saya berstatus sebagai anak titipan yang ikut masuk kelas..hehe, ibu saya cukup bilang ke Bu Guru  “Ibu, ini mohon maaf anak saya mau ikut sama teman – temannya di dalam kelas karena pengen tahu ada apa aja ” . Waktu di dalam kelas saya masih ingat, Bu Guru tersebut membacakan cerita dan menunjukkan buku tersebut kepada semua muridnya dan itu kita hanya diminta mendengarkan dengan baik. Lama waktu sekolahnya hanya sebentar selanjutnya saya bermain bersama.

Lanjut ke sekolah TK yang sebenarnya….seingat saya dahulu ketika saya masuk TK, saya mulai diajarkan banyak hal tetapi tidak berat. Kami diajarkan bagaimana mengenal huruf,membuat garis dasar (tegak, miring, bulat, lengkung) melipat, menggunting, membuat keterampilan, belajar menanam kecambah (tauge) didalam kotak kecil, belajar bermusik, belajar bermain, olahraga, dan kalau di hari Sabtu sebulan sekali diajak berenang dalam kolam sederhana yang ada di sekolah dan masih banyaak hal lainnya.  Tetapi tidak lupa di masa itu kami semua juga diajarkan bagaimana bersikap dengan baik, disiplin, menghormati Guru dan memperhatikan apa yang diajarkan untuk bisa terus belajar dan dikembangkan. Banyak hal – hal dasar yang diajarkan kepada kami dimasa itu… 🙂

Saya sekarang sudah tidak banyak mengikuti perkembangan pendidikan di masa usia TK itu seperti apa, tetapi ada beberapa keluhan yang bilang kalau misalkan sekolah TK sekarang sudah banyak syarat dan materi yang diajarkan cukup banyak..hehe (saya juga kurang tahu si ya sebenarnya seperti apa). Tetapi di kantor saya bertanya pada rekan yang memiliki anak….bercerita bahwa pada masa sekolah TK anaknya diajarkan sederhana yaa belajar menggambar, melipat, menggunting, membuat garis dasar dan menggabungkan huruf kemudian menjadi kata dan kalimat, masih cukup sesuai dengan tingkatnya. Tetapi dia kembali bercerita kepada saya bahwa kurang tahu lagi untuk sekolah lain yang tarafnya internasional. (Hehehe..iya sih yaa…).

Sepengalaman saya menjadi Tutor yang punya murid sekolah di sekolah internasional itu memang agak sedikit lebih banyak materinya..yaa bisa dibilang agak banyak materinya karena kurikulumnya sedikit berbeda dengan kurikulum nasional. Tetapi ketika saya juga memegang anak yang sekolah umum, materinya juga cukup dibikang padat tetapi kurang kuat dasar yang diberikan oleh pengajar, sehingga pada saat ada pengembangan lain atau soal lain mereka jadi kurang paham. Contonya ketika saya memiliki murid SD kelas 1-4, materi bahasa inggris sudah diajarkan dan lumayan padat, sayangnya sang guru hanya membacakan di kelas dan kemudian memberikan artinya apa dan dasar nya apa. Padahal kalau saya ingat lagi, dahulu kala saya baru dapat materi tersebut mulai kelas 4 SD dan itu pun juga masih berupa kalimat dasar dan cukup sederhana.

 

Jadi memang sekarang, perkembangan pendidikan jauh lebih cepat dan maju dibandingkan dahulu….Tetapi tidak juga melupakan bagaimana pentingnya pendidikan anak usia dini yang harus diajarkan. Peran serta orang tua dan Guru sangat dibutuhkan dengan baik, berusaha mendekatkan secara pribadi dengan anak supaya pembelajaran dasar tidak tertinggal yang kemudian perkembangan kedepannya semakin baik. PAUD sangat penting perannya, jadi benar – benar harus diajarkan dengan baik agar dasarnya menjadi kuat dan baik.

Kurikulum yang semakin padat dan berat (katanya), juga merupakan tanggung jawab pengajar supaya bisa mengajarkan dengan baik bukan hanya asal memberikan materi atau target pengajaran sesuai kurikulum tercapai. Pun demikian dengan orang tua yang perlu terus untuk mendampingi sang anak, supaya terus menumbuhkan  semangat dan kesadaran diri sebagai seorang anak yang bisa aktif dan terus memiliki kemauan untuk belajar.

Semangat anak Indonesia…..Semoga pendidikan Indonesia menjadi semakin baik 🙂

#neverstoptolearn#


Milakusuma

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

artikel lainnya Pentingnya PAUD dalam Pendidikan

Saturday 1 April 2017 | Uncategorized

Administrasi Perkantoran atau yang umum disebut Jurusan Sekretaris, dimana Laboratorium komputer  administrasi perkantoran [Lab AP] adalah…

Saturday 29 July 2017 | Uncategorized

Beberapa bulan lalu, di akhir Oktober 2015, saya janjian buat motret seorang teman. Ditanya mau konsep…

Friday 30 June 2017 | Uncategorized

Motif Megamendung yang digunakan oleh masyarakat Cirebon sebagai motif dasar batik sudah tidak asing lagi bagi…

Monday 27 November 2017 | Uncategorized

JUAL ANEKA BARANG ANTIK BUTUH KOLEKSI BARANG ANTIK yang OTENTIK? HUBUNGI – 0812.2608.1400. Kami, JUAL ANEKA…