Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Ibu mudaaa….(Katanya )

Jan
25
2018
by : . Posted in : Uncategorized

ah sudah hampir setahun sepertinya saya tidak menulis apapun di blog,

jadi terkapar lah setahun blog ini…anw setahun ga sambang, menuliskan apa yaa….

setahun berlalu, dan sudah jadi ibu juga ternyata…Alhamdulillah sudah dapat amanah untuk mendapatkan seorang putri cantik “Anantari Khansa Puteri Afaq”. Nama itu saya berikan agar khansa kelak menjadi seorang wanita yang mau berjuang tanpa menyerah.

bagaimana tidak? sejak saya mulai hamil khansa usia 0  sampai sehari sebelum melahirkan saya masih aktif saja begitu di kampus. saya termasuk wanita yang biasa mandiri dengan  mondar mandir sendiri kemanapun. bahkan setelah menikah sekalipun saya masih bisa naik motor untuk beraktifitas. tapi waktu usia kandungan mencapai 4 – 5 bulan suami mulai memilih untuk serius dalam bidang wirausaha. daan saya diantar jemput sampai detik saya menulis ini juga. Kenapaa? katanya biar ga ilang kaya mobil tamiya…… 😀

pertama kali punya khansa gimana rasanyaa…

setelah diinduksi dan kontraksi dari magrib dan dia lahir di pagi hari rabu, 11 mei 2016 pukul 03.30. lahirlah khansa…dan rasanya lega sekali. plonggg…

pertama kali rasanya lemes, tenaga terkuras…btw saya melahirkan khansa dengan proses normal.

lalu pagi hari setelah melahirkan selang berapa jam…khansa akhirnya jumpa dengan saya…subhanallah cantiknya :D. daan seperti biasa ada cara belajar menyusui, tetapi karena saya termasuk dalam inverted puting (puting datar) dan hampir keduanya.

jujur sangat susah, oke baiklah..hari pertama belajar dimaklumi oleh dokter. selanjutnya dokter memutuskan untuk tidak pulang terlabih dahulu supaya saya pintar nyusuin khansa. nah saat itu dokter juga berpesan bahwa “bayi itu memiliki cadangan makanan sampai 3 hari, jadi tidak apa – apa, belajar saja dahulu”. hari ketiga saya diperbolehkan pulang.

pulang di rumah, masih sangat kesulitan sekali menyusui khansa….sampai saya ingat waktu itu di hari kamis saya pulang, hari jumat malam khansa nangis terus sepanjang malam (mungkin dia bisa minum, tapi hanya sedikit) sehingga kurang puas. jadi bisa dibilang kalau dia sangat haus. kalau ditanya, kok ga diminum dot?? karena dokter waktu itu tidak menganjurkan diminumkan dot daaan saya sendiri masih susah memompa payudara. aah sampai saya les ke bidan segala untuk bagaimana caranya memompa, karena waktu itu saya cukup tersiksa dengan kondisi payudara yang kenceng sekali…ga enak rasanya.

akhirnya saya bisa mompa dan khansa akhirnya sedikit sedikit belajar dot dan belajar minum langsung dari saya. tapii jujur lebih banyak minum dot 😀 nanti kalau minum sama saya kayak orang mau perang…..tapi saya juga tetep ga nyerah..Never give up!!

seminggu khansa kontrol…..ternyata dia kuning…dan harus di sinar atau fototerapi.

sebenarnya ketika divonis untuk fototerapi anak saya berasa sedih sih..yaa begitulah biasaa..new mom..:D

alhamudillah, dokter waktu itu baik sekali, menyarankan dimana harga terjangkau untuk dilakukan tindakan. khansa masuk RS 3 hari dan harus disupply susu, komitmen saya adalah tetap percaya ASI sebagai supply utama khansa. akhirnya dari 3 hari tersebut saya dengan suami rajin mengantarkan ASI supaya khansa disana tidak kekurangan. Alhamdulillah setelah pulang khansa hanya sekali saja diganti sufor, karena waktu itu kami telat mengantarkan ASI, sayang sekali…tak apalah daripada khansa semakin ga keluar RS.

setelah keluar pun…saya juga masih harus berjuang supaya khansa belajar menyusui langsung dari saya. mulai saya membuat jadwal kapan saya minumkan dengan DOT dan kapan mulai dengan saya, saya latih dengan jadwal intens yang hampir cukup teratur. pas minggu ke-3, alhamdulillah khansa bisa menyusui langsung tanpa bantuan apapun. btw tadinya pakai semacam shield/penyambung supaya khansa bisa belajar. Pas dia sudah pintar menyusui langsung, saya Panas…:( daaan akhirnya khansa saya serahkan sementara ke suami atau ibu. aahh sedih sebenarnya…..setelah saya sembuh, kemudian saya harus belajar lagi…mulai dari Nol….akhirnya mau ga mau khansa sewaktu saya sakit lebih kenal dot. saya bisa dibilang pumping dotkan…padahal sebebnarnya ga baik. produksi asi melimpah dan lumayan banyak menyimpan.

menidurkan khansa?? Susaaah sebenernya bahkan sampai sekarang. dia harus tidur dalam kondisi sunyii sepii…:D

waktu bayi hampir khansa ga mau ditaruh kalau sudah digendong, hampir selalu gendong mulai jam 2 pagi sampai pagi..atau jam 12 malem sampai pagi. berlangsung hampir setiap hari dan kadang ga tidurr X_X. waktu saya melahirkan saya masih dibantu Ibu dalam mengasuh khansa, tetapi suami…mengajak untuk kembali saja ke rumah. Jujur sebenarnya saya juga ragu, bisa ga? gimana masak dll?

waktu itu dekat lebaran..mau ga mau..akhirnya saya ditinggal mudik ibu ke rumah nenek di Magetan. Drop pasti….manaa dulu yang ada ini itu segala macem eeh tetiba ga ada. yaah akhirnya saya juga harus mudik ke rumah mertua. kebayang gimana khansa rewel, saya juga kuatir dll…tetapi saya ga tahu…saya bismillah saja, semoga khansa ga rewel.  belum lagi suasana lebaran yang buat saya masih asing, gmn gak? Hampir 28 tahun saya melewatkan lebaran dengan keluarga, tiba – tiba jreenggg…..ah begitulah, hehe.

waktu saya hopeless….waktu malam masih sering melek karena khansa harus digendong. ibu mengajarkan bagaimana kalau dicoba menyusui dengan tidur…saya bilang “ga bisa bu susah..bla bla..” tapi ibu bilang cobaa dulu, hayo sini dibantu make bantal. catatan, saya menyusui khansa dengan duduk paling banyak, bahkan sampai bergadang malam sekalipun. akhirnya walaupun susah, saya bisa dan sampai sekarang kalau dia mau tidur dengan saya cukup ditidurkan dan bobok.

 

setelah lebaran, suami langsung mengajak pulang ke rumah sendiri. Jujurnya saya merasa berat begitu…yaa belum terbiasa kembali multitasking. Mana memasak, mana mengurus anak, belum lagi kalau sudah kembali bekerja. 😀

dan memang itu semuaa berat..penyesuaian….saya sewaktu pindah ke rumah kadang khansa masih suka rewel, minta digendong..minta dipangku..ah begitu yang masih melelah…bahasanya… But never give up!! kerja sama suami istri diperlukan sekali..walau kadang kalaaa lelah melandaa -.-

awal di rumah baru dan ketika saya belum bekerja ya semua dikerjakan sendiri untuk urusan pekerjaan rumah. terbersit juga jika nanti bekerja khansa dijaga siapa? nah karena selama di rumah ibu, kami dibantu oleh tetangga.

lalu sebelum masuk kerja, ternyata ada tetangga yang mau untuk membantu membersihkan rumah dan menjaga khansa. tetapi tidak semua saya “iyakan”. perlu proses, sehingga saya dan suami secara tidak langsung melakukan seleksi. dari hasil seleksi yang kami lakukan adalah dia hanya pas untuk membersihkan rumah.

———————————————————————————————————————————-

Sekarang?? (btw, ini saya menulis setelah setahun saya menuliskan intro diawal)

jadi tulisan ini mungkin semacam sambungan 😀

oke, diawal dengan dibantu tetangga yang membersihkan rumah..kami juga harus berjuang untuk khansa.

*antar jemput*

selama saya masuk, catatan: saya diwajibkan masuk pagi dan ceklok jam 08.00.plus saya ada mengajar malam. karena khansa masih bayi dengan usia 2,5 bulan. maka setiap pagi saya absen dahulu kemudian mengantar khansa ke kutisari. PS. kenapa kok yang ngasuh bukan neneknya? ibu saya masih aktif sebagai PNS sampai saat ini. kecuali bapak yang sudah pensiun. dan saya menitipkan kepada tetangga dekat rumah ibu selain dekat dengan ibu juga yang mengasuh belum memiliki cucu.

sehingga rute pagi hari akan sama kutisari – kampus.selesai dari kampus kemudian saya akan pergi ke kutisari menjemput khansa dan kembali ke rumah.

oh ya belum lagi kalau saya ada jadwal ngajar malam. maka sore hari pukul 15.00 saya juga harus berada di kutisari untuk memberikan ASI langsung dan bermain dengan khansa. kemudian sebelum magrib sudah harus kembali ke Kampus untuk mengajar pukul 18.00.  kalau pulang malam maka saya harus menginap di kutisari, tetapi rutinitas ini kemudian berubah. dimana ketika jam malam dan papa khansa bisa menjaga khansa maka khansa dibawa pulang ke rumah.

Ini masih saya lakukan sampai khansa sekarang usia 20 bulan. bedanya apa? entah sejak usia berapa, suami yang menggendong khansa dan mengantarkan kemudian dia beraktifitas. bedanya lagi sejak 4 bulan lalu suami kembali memutuskan untuk ikut ngantor..jadi ya lumayanlah kami dalam rute sehari – hari.

*stock asip*

setelah kembali mengajar, maka saya juga tidak boleh berhenti do the best always..ASI saya perah untuk khansa.

duluuu sewaktu masih cuti…ibu mengingatkan saya untuk lebih pintar dalam mompa…supaya saya punya stok ASIP. supaya khansa ga kekurangan….waktu selesai mengajar,,,pompa…. duluu sewaktu khansa belum bisa menyusui langsung, waktu pompa lebih banyak. stok bisa santai. nah waktu khansa pinter, jujur saya agak kelabakan…kok ga kaya dulu yaaa bla bla,,,sampai saya nanya ke istri teman..apakah begitu atau bagaimana…:D ah panik rasanya waktu itu. tapi saya coba terus untuk mompa, menyusui langsung …hap hap..ada stok ASIP.

sekarang dalam usia khansa 20 bulan..saya masih stok cuma memang tidak sebanyak sekali diawal – awal dahulu. makan khansa sudah bervariasi dan dia alhamdulillah hobi cemal – cemil 😀

*rumah*

waaahh sejak Maret 2017, tetangga yang membantu saya membersihkan rumah mengundurkan diri. Lalu? hah jangan ditanya lalu….jelas akan dikerjakan sendiri…mulai nyapu,ngepel,setrika dll.

diwaktu senggang atau waktu jeda misalkan saya akan sempatkan beberes rumah, mulai nyapu dan ngepel. kalau setrika yang belum sanggup kemudian saya laundry. seiring berjalan waktu kemudian saya memutuskan untuk setrika sendiri. saya setrika menunggu jika ada suami datang atau menyempatkan waktu disaat jeda jam istirahat di kampus atau pagii hari sekali saat weekend.

*daily routine* sampai sekarang

karena khansa sudah mulai makan sama seperti kita, maka saya juga sebaiknya memasak. masak simpel yang mudah cepat efisien dan bisa dipakai untuk kami bertiga. papa khansa juga bawa bekal ke proyek, saya juga dan walaupun khansa masih dengan tetangga ibu bukan berati saya free ga masak 😀

masak adalah rutinitas di pagi hari

nyapu dipagi hari dibantu oleh suami…ngepel, ganti sprei.buang sampah,bersih bersih kamar mandi. saya masak setrika dll yang belum dibereskan.

naah..lelah? ya pasti lelah…kalaupun kami (saya dan suami lelah) langsung tidur lebih awal, tapi teteepp yang bangun awal emaknya 😀 alias saya. saya kemudian masak, menyiapkan bekal anak dan suami, mandi, berangkat, pulang ke rumah sebentar untuk beberes, kembali ke kampus. belum lagi kalau di kampus ada yang menggemaskan 😀

suami membantu untuk memandikan khansa di pagi hari atau kalaupun khansa sedang manja, saya kadang terpaksa terlambat datang.

Ga jarang setiap pagi kami pasti ramai..hahaha…ya begitulah…

me time? apa yaa…ngobrol bareng teman..mandi atau sosialita..kadang pun cuman sebentar sekali

couple time? terkadang saya tanya suami…siang makan bareng yuk..*itu juarang sekali terjadi. 

family time? everyday is family time…selalu berusaha untuk yang terbaik bagi keluarga. 

oh ya jadi ingat, sebelum saya mengakhiri tulisan ini. ada yang bilang ke saya “ngapain sih mbak ngajar malam? nanti anakmu keteteran”,

jawaban saya hanya tersenyum. kenapa kok cuman senyum? ya biarkan saja, toh ini kan kita sendiri yang menjalani. saya sih agak males terlalu banyak komentar…energi terbuang sia – sia :D.

ya intinya, bagaimana kita akan mengatur semua jadwal sehingga kita bisa menikmati 3 waktu tadi. memaang kita juga bukan manusia yang sempurna, setidaknya dari apa yang kita jalani punya banyak manfaat buat lingkungan sekitar.

saya juga sama..sebagai wanita,ibu dan istri juga jauuh dari sempurna..kalaupun saya ga bisa masak saya akan bilang ataupun saya juga akan bertanya..masak apa. saya dan suami masih dalam tahap belajar dan terus perbaikan untuk keluarga kecil dan orang yang ada disekitar.

Ps. ini bukan tulisan untuk show..menunjukkan bahwa saya ini WOW, tapi kalau ada sih ya monggo..haha. kalau pendapat seseorang kita ga bisa untuk memaksakan, tetapi untuk mengarahkan. Tulisan ini adalah untuk menunjukkan bahwa jadi ibu itu jam kerja ga ada habisnya. mau kerja dirumah, kerja kantor plus rumahan, kerja online,ataupun kerja lain – lainnya…semuaaanyaa. jam kerja ibu ga ada habisnya…

kita masih ada di zaman kekinian yang bisa banyak dipermudah jalannya….

Have a good day Mom…*untuk setiap Ibu* 

 

 

Milakusuma

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

artikel lainnya Ibu mudaaa….(Katanya )

Wednesday 28 June 2017 | Uncategorized

grojogan parangijo Karanganyar telah sangat terkenal dengan Grojogan Sewu yang dimilikinya, namun ternyata masih ada beberapa…

Thursday 18 June 2015 | Uncategorized

Pengayaan Pengalaman Kerjakan secara sesuai denag perintahnya! Buatlah kelompok yang terdiri dari 4 orang! Lakukan pengamatan…

Wednesday 21 June 2017 | Uncategorized

Jika TemenTemen melakukan perjalanan wisata ke Grojogan Sewu, Tawangmangu, menyesal bila tidak mampir ke daerah Berjo,…

Saturday 23 May 2015 | Uncategorized

Batik Indokabana, Sepesialis Batik Cap Warna Cerah di Karanganyar.Sub Judul ( Penjelasan dari Judul ) Usaha…