Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Angin Kencang Melanda Kebumen, Sejumlah Rumah Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Feb
06
2018
by : . Posted in : Uncategorized
agus

Rumah rusak tertimpa pohon tumbang di Desa Jladri Kecamatan Buayan. Foto: Agus

 

KEBUMEN – Hujan disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Kebumen, Jum’at (26/1) malam. Berdasarkan analisis sementara yang tercatat di Stasiun Meteorologi Cilacap kecepatan angin maksimum 32 knot atau sekitar 62 kilometer per jam. Akibatnya sejumlah pohon tumbang menimpa rumah warga serta kabel listrik hingga mengakibatkan listrik padam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadin ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen menyebutkan pohon tumbang terjadi di 19 titik tersebar di beberapa kecamatan. 11 titik diantaranya menimpa rumah antara lain di Desa Jladri Kecamatan Buayan sebanyak 3 rumah rusak berat. Sedangkan di Gombong 3 rumah rusak masing-masing  di Desa Semondo, Panjangsari dan Kalitengah.

Di Kecamatan Kuwarasan 2 rumah rusak di Desa Mangli dan Desa Kalipurwo. Sementara di Kecamatan Rowokele 1 rumah rusak berada di Desa Wonoharjo dan sebuah bangunan pencucian mobil di Desa Rowokele roboh. Satu rumah rusak juga dilaporkan masing-masing di Desa Sidomulyo Kecamatan Karanganyar serta Desa Banjurpasar Kecamatan Buluspesantren.

Sejumlah pohon tumbang yang menimpa kabel listrik dan jaringan telepon serta jalan berada di Desa Waluyo (Kecamatan Buluspesantren), Desa Sidoluhur (Kecamatan Ambal), Desa Sempor (Kecamatan Sempor), Desa Demangsari (Kecamatan Ayah) serta Desa kedungbulu (Kecamatan Prembun).

Kepala Kelompok Teknisi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengatakan penyebab terjadinya angin kencang, yakni adanya perbedaan tekanan udara cukup signifikan antara belahan bumi utara dan selatan. Dalam hal ini, tekanan udara di belahan bumi utara tercatat 1.032 milibar, sedangkan di belahan bumi selatan 999 milibar terdeteksi di sekitar Australia bagian utara.

“Angin bertiup dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Adanya perbedaan tekanan udara yang signifikan ini memicu terjadinya angin kencang,” katanya.

Ia mengatakan angin kencang pada Jum’at malam bukanlah angin putting beliung melainkan angin kecang yang cenderung ekstrem karena jangkauannya yang luas . Angin kecang tersebut diketahui bertiup dari barat. Sebelum menerjang wilayah Kabupaten Kebumen, angin kencang dilaporkan sudah menerjang wilayah Kabupaten Cilacap dan Banyumas terlebih dahulu.

Angin kencang sebelumnya juga menerjang wilayah pesisir selatan Kabupaten Kebumen pada Sabtu (20/1) lalu. Diprediksi fenomena angin kencang masih akan terjadi hingga satu atau dua hari ke depan dengan puncak angin kencang diperkirakan sudah terjadi pada Jum’at (26/1) malam.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak panic dan jangan percaya pada berita yang menyesatkan,” katanya. (Ant/LintasKebumen)

Lintas Kebumen

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

artikel lainnya Angin Kencang Melanda Kebumen, Sejumlah Rumah Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Thursday 25 May 2017 | Uncategorized

Batik is writing an image on any media to form a style and art . According…

Monday 24 July 2017 | Uncategorized

Kerajinan Miniatur Vespa – Bahan terbuat dari tembaga. Kerajinan Miniatur Tembaga : Kerajinan Miniatur Tembaga Sepeda Cewek…

Sunday 30 July 2017 | Uncategorized

TRIBUN JATENG.COM – Jum’at, 10 Oktober 2014 TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Sekretaris Komite Penyelidikan Pemberantasan Korupsi Kolusi…

Wednesday 21 June 2017 | Uncategorized

Setelah sekian lama saya tidak nonton film Korea, akhirnya kemarin sempat menonton. Ahaha. Ini tulisan pasti…