Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Masjid Sultan: Masjid Pertama di Singapura

Apr
08
2018
by : . Posted in : Uncategorized

Nama Masjid Sultan tentunya tak terdengar asing bagi para muslim yang berkunjung ke Singapura. Selain terletak di area yang strategis, masjid ini juga sangat dekat dengan area kuliner halal sekaligus menjadi titik utama masyarakat beragama islam di Singapura.

Masjid Sultan yang terletak di Kampong Glam ini merupakan masjid pertama yang dibangun di Singapura. Kampong Glam sendiri merupakan daerah yang dialokasikan Inggris untuk warga Melayu dan muslim sebagai ganti dari penyerahan kekuasaan atas Singapura kala itu kepada Inggris. Struktur masjid ini awalnya dibangun sekitar tahun 1824 yang diprakarsai sultan pertama Singapura bernama Sultan Hussein Shah.

Bangunan Masjid Sultan yang pertama berbentuk masjid tradisional nusantara dengan atap limas bersusun tiga. 100 tahun kemudian sekitar tahun 1924, dilakukan relokasi untuk membangun masjid baru yang lebih besar namun tak jauh dari masjid lama yang menjadi lokasi Masjid Sultan sekarang.

Masjid Sultan terdiri dari 2 lantai yang memiliki daya tampung mencapai 5000 jamaah. Lantai 1 untuk jamaah laki-laki dan lantai 2 untuk jamaah perempuan. Untuk tempat wudhu perempuan terletak dekat dengan gerbang masuk. Bagi jamaah perempuan, untuk naik ke lantai 2 masjid dapat menaiki lift atau tangga. Bangunan masjid dua lantai pakai lift sih baru nemu di Singapura ini, kalau dari informasi yang ditempel penggunaan lift untuk membantu difabel.

Saat pertama kali masuk ke Masjid Sultan karena ketidaktahuan dan kurangnya petunjuk serta pemandu di masjid ini jadi salah deh shalat di lantai 1. Setelah selesai shalat dapat teguran dari takmir masjidnya, huhuuu… Ibu-ibu yang berjalan sendirian pun ketika masuk cari tempat shalat juga masih banyak yang bingung mungkin karena kurang petunjuk.

Soal tampak luarnya Masjid Sultan sih nggak perlu dibahas ya, meskipun terletak diantara bangunan megah, tapi arsitektur masjid ini tak kalah megah. Dari area Bussorah Street, wisatawan dapat melihat kubah berwarna keemasan dari kejauhan yang begitu cantik. Untuk interior di dalam masjid rapi, apik, dan cukup nyaman untuk beribadah. Suasananya cukup tenang dan fasilitas seperti mukena juga tersedia. Dari jendela masjid lantai 2, jamaah dapat melihat pemandangan Bussorah Street yang merupakan area pertokoan dan restoran yang tertata.

Catatan Kecil **SiMpLe N Easy**

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar

artikel lainnya Masjid Sultan: Masjid Pertama di Singapura

Monday 9 January 2017 | Uncategorized

loading... The best stories of the week, as chosen by the editors of Longreads. Sumber: The…

Thursday 6 July 2017 | Uncategorized

loading... Bangunan Candi Sukuh memberikan kesan kesederhanaan yang mencolok pada para pengunjung. Kesan yang didapatkan dari…

Thursday 28 May 2015 | Uncategorized

Jual Batu Akik di Karanganyar. Tak hanya produk pertanian yang akan dipamerkan oleh Disperindagkop UMKM Karanganyar.…

Monday 22 June 2015 | Uncategorized

Membuat Dokumen Sederhana dengan Berbagai Variasi1.    Menggunakan Penomoran dan Penandaan    Seringkali di dalam dokumen dijumpai penulisan…