Info Karanganyar

informasi seputar karanganyar

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

PENGERTIAN BEE ACCOUNTING DAN LANGKAH-LANGKAH INSTALL

Jun
24
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Uncategorized

Bee Accounting adalah kombinasi team professional di bidang Bisnis dan Teknologi yang bersama membangun mimpi untuk membantu 1 juta pebisnis agar bisa lebih bebas dengan cara membuat bisnisnya untung dan mudah dikontrol. Produk Bee Accounting sendiri baru mulai di develop dan rilis Oktober 2010 dengan fokus utamanya untuk membantu bisnis UKM naik kelas dan profitable melalui otomasi sistem bisnis berbasis IT.  Saat ini Bee Accounting sudah memasuki versi 2.0 dan telah digunakan lebih dari 120,000 pengguna diseluruh Indonesia dan beberapa di manca negara. Bee Accounting  sendiri memiliki dua series, yaitu:

  1. UKM Series

UKM series diberikan gratis, dengan limit omset 100jt/bulan dan fitur terbatas. Terdapat 3 versi pada series ini, yaitu  UKM POS, UKM LITE, dan UKM PLATINUM

2. Premium Series
Sedangkan Premium series diberikan harga untuk dapat memakainya. Pada premium series ini  tersedia 5 versi Bee Accounting dengan unlimited transaksi, yaitu:
– Bee POS
Bee POS adalah software kasir yang dibuat khusus untuk usaha toko, minimarket/swalayan, dan retail. Mempermudah penjualan kasir, mencetak nota dan mengontrol keluar-masuk stok gudang. Penjualan khusus untuk kasir dengan Point of Sales yang dibuat dengan layout sederhana dan mudah digunakan, didesain untuk input data penjualan dengan volume transaksi yang tinggi seperti pada umumnya penjualan retail di supermarket, bisa di operasikan Full Keyboard.
– Bee Lite
Bee Lite adalah software retail yang cocok digunakan untuk distributor/agen yang mempunyai banyak sales, penjualan kredit (piutang) dengan beberapa level harga berjenjang, Penjualan dengan sistem take order atau canvassing, dan masih awam dengan sistem akuntansi. Dengan mempermudah penjualan kasir, mencetak nota dan mengontrol keluar-masuk stok gudang. Fitur lainnya sama seperti Bee POS.
– Bee Silver
Bee Silver adalah software accounting entry-level yang cocok digunakan untuk perusahaan dagang dan jasa skala menengah dan mikro. Khususnya yang ingin menerapkan sistem pembukuan akuntansi yang baik dan benar, namun tidak paham tentang akuntansi atau mungkin tidak mempunyai SDM khusus untuk menghandle akuntansi. Proses pembukuan akuntansi dihandle otomatis oleh software di balik layar. Anda hanya tinggal input transaksi sehari-hari seperti pembelian, penjualan, pembayaran & penerimaan pembayaran, sisanya seperti pembuatan jurnal dan buku besar di lakukan otomatis oleh Bee Silver. Hasilnya, laporan keuangan seperti neraca dan laba/rugi bisa di tampilkan kapanpun semudah klik mouse saja.
– Bee Gold
Bee Gold adalah software accounting kelas medium yang cocok digunakan untuk perusahaan dagang dan jasa skala menengah yang sudah siap menerapkan akuntansi secara penuh, namun membutuhkan alat bantu otomatisasi akuntansi yang mudah. Bee Gold sudah mendukung fitur multi currency (mata uang), proses revaluasi kurs mata uang dihitung otomatis setiap akhir bulan. Selain itu sudah dilengkapi modul Fixed Asset untuk mendata dan menghitung depresiasi asset tetap seperti inventaris, kendaraan. Serial number / Batch number untuk perusahaan yang menangani item yang membutuhkan pelacakan nomor seri seperti pada IMEI-Handphone, no.mesin mobil/motor, size-sepatu, dll. Fitur lainnya sama seperti Bee Silver.
– Bee Platinum
Bee Platinum adalah software accounting edisi paling lengkap dari Bee Accounting, cocok digunakan untuk perusahaan dagang dan jasa skala menengah atas/enterprise yang sudah siap menerapkan akuntansi secara penuh, namun membutuhkan alat bantu otomatisasi akuntansi yangmudah. Bee Platinum sudah mendukung fitur multi currency (mata uang), revaluasi kurs, Fixed Asset, serial number/batch-number. Serta sudah mendukung tracking laba rugi per Departement dan Multi Project. Cocok digunakan untuk perusahaan dengan yang membutuhkan Job Costing yang ingin memonitor laba rugi per Project dan per Department. Selain itu juga terdapat fitur Budgeting untuk mengontrol Target Penjualan dan mengontrol limit biaya untuk efisiensi. Fitur lainnya sama seperti Bee Gold.

Modul-Modul pada Bee Accounting dan Fungsinya

Modul atau fitur yang tersedia pada Bee Accounting sangat beragam. Bee Accounting benar-benar merupakan software akuntansi sejati yang terintegrasi antar modul-modulnya, modul-modul tersebut meliputi :

  1. Modul Pembelian

Merupakan modul yang digunakan apabila terdapat pembelian yang kita lakukan.

  1. Modul Order & Penerimaan Pembelian

Merupakan modul yang digunakan untuk melakukan pemesanan barang serta penerimaan dari barang yang  kita beli.

  1. Modul Hutang Usaha

Merupakan modul yang berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan hutang dari usaha yang dijalankan.

  1. Modul Stock / Inventory

Merupakan modul yang digunakan untuk memasukkan barang serta mengecek  list dari barang yang ada pada gudang.

  1. Modul Kas & Bank

Modul ini digunakan untuk memasukkan besarnya harta yang kita miliki.

  1. Modul Cheque & Rekonsiliasi Bank

Modul ini berisi tentang hal-hal yang terkait transaksi dengan bank.

  1. Modul Penjualan

Merupakan modul yang digunakan untuk memasukkan data-data penjualan.

  1. Modul Order Penjualan & Pengiriman

Merupakan modul yang biasa diisi untuk pemesanan barang oleh pihak lain serta pengiriman terhadap pihak tersebut.

  1. Modul POS + Modal/Setoran

Modul kasir untuk mengisi modal serta setoran dalam kurun waktu tertentu.

  1. Modul Piutang Usaha

Modul untuk mencatat piutang yang terdapat pada pihak lain.

  1. General Ledger
  2. Kalender
  3. Reminder
  4. Business Dashboard
  5. Fixed Asset
  6. Budgeting
  7. Multi Department
  8. Project / Job Costing
  9. Multi Gudang
  10. Multi Satuan
  11. Serial Number, Lot. no
  12. Multi Level Harga Jual
  13. Multi Currency
  14. Multi Company
  15. Assembling/Diassembling
  16. Produksi

Kelebihan dan Kekurangan dari Bee Accounting

          – Kelebihan Bee Accounting :

  • Mudah, layout simple

Menu berbahasa indonesia, layout form intuitiv dan mudah dimengerti bahkan oleh orang yang awam komputer sekalipun.

  • Huruf besar-besar, sekaligus untuk customer display

Form transaksi penjualan kasir (Point of Sales) sengaja dibuat dengan Font size besar agar lebih mudah dibaca oleh kasir dan customer pembeli (bisa sekaligus sebagai customer display)

  • Full Keyboard cocok untuk input volume transaksi tinggi

Untuk mendukung jumlah transaksi penjualan kasir pada retail swalayan yang volumenya tinggi, sengaja form transaksi P.o.S bisa di input full keyboard alias tanpa mouse (optional). Sehingga mempercepat pelayanan penjualan bagi customer.

  • Support Barcode reader, POS Printer kasir, Cash drawer

Mendukung berbagai macam merk & model Barcode reader laser maupun CCD. Support printer Epson LX-300 maupun POS mini printer: Epson, Samsung, Star, dll. Bisa di koneksikan dengan cash drawer (laci kasir) yang bisa otomatis membuka ketika selesai transaksi.

  • Struk nota bisa di desain sendiri, text mode high-speed printing

Desain struk nota kasir anda bisa di desain sendiri, anda bisa menambahkan dan mengurangi informasi yang tampil seperti nama toko, alamat, npwp, telp, nama kasir, pajak, total, discount, maupun ucapan seasonal dan tips yang bisa ditambahkan sendiri dibawah struk (misalnya).

            – Kekurangan Bee Accounting :

o   Masih butuh pengembangan

o   Belum ada bukti konkrit hasil dari kinerja software tersebut

o   Server belum tersedia untuk beberapa versi Mac

(sumber : http://rabdurrafi.blogspot.co.id)

Langkah Installasi Software Akuntansi Bee Accounting di Windows

  1. Langkah pertama, download software Bee Accounting di http://www.beeaccounting.com/z/downloaddan simpan dalam komputer anda (Lihat gambar 1)

1

Install Bee Accounting step 1
Gambar 1. File Bee Accounting

2. Klik dua kali file Bee Accounting yang telah didownload, kemudian tentukan folder tujuan dimana software Bee Accounting akan di extract. Lanjutkan dengan klik Install. Maka Proses extract file akan berjalan (Lihat gambar 2).

2

Gambar 2.1. Pilih folder dimana Bee Accounting akan di Extract

2.2

Gambar 2.2. Proses Extract File

3. Setelah proses extract selesai, maka langkah selanjutnya adalah memilih bahasa yang akan digunakan, misalkan bahasa Indonesia seperti gambar di bawah ini, kemudian klik OK (Lihat gambar 3).

3

Gambar 3. Pilih Bahasa

4. Setelah memilih bahasa, kemudian kita masuk ke halaman Selamat Datang. Silahkan tekan tombol Berikut untuk melanjutkan proses installasi (Lihat Gambar 4).

4

Gambar 4. Halaman Selamat Datang

5. Setelah itu masuk ke Halaman Informasi tentang software Bee Accounting. Silahkan tekan tombol Berikut untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya (Lihat Gambar 5).

 

5

Gambar 5. Halaman Informasi

6. Lalu kita masuk ke Halaman Lisensi dimana akan dijelaskan syarat dan ketentuan penggunaan dan distribusi. Untuk melanjutkan proses instalasi silahkan pilih radio button saya menerima syarat-syarat dan kondisi -kondisi penjanjian lisensi ini dan klik Berikut (Lihat Gambar 6).

 

6

Gambar 6. Halaman Lisensi

7. Pilihlah Tipe Installasi di Halaman Data Pengguna. Pilih BeeAccounting Server jika anda baru pertama kali menginstall Software Bee Accounting, pilih BeeAccounting Client untuk install sebagai klien di komputer tambahan dan pilih Database untuk menginstall database saja dengan syarat harus install BeeAccounting Server, kalau tidak, maka akan terjadi error. Kemudian klik tombol Berikut untuk melanjutkan installasi (Lihat Gambar 7).

 

7

Gambar 7. Halaman Data Pengguna – Pilih Tipe Installasi

8. Masih di Halaman Data Pengguna, step ini untuk set direktori dan port atas PostgreSQL yang sudah terinstall sebelumnya. Lanjutkan dengan klik tombol Berikut (Lihat Gambar 8)

 

8

Gambar 8. Halaman Data Pengguna – Pilih Lokasi Installasi PostgreSQL

9. Di step ini akan ditampilkan pilihan versi BeeAccounting. Kita diharuskan untuk memilih versi Bee Accounting yang ingin kita install. Setelah memilih versi Bee Accounting anda dengan benar, klik Berikut untuk melanjutkan ke proses selanjutnya (Lihat Gambar 9)

9

Gambar 9. Halaman Data Pengguna – Pilih Versi Bee Accounting

10. Pada step ini akan ditampilkan direktori default installasi Bee Accounting. Untuk trik pemisahan per versi, ubah default direktori installasi pada folder baru sesuai yang diinginkan namun lebih baik direktori yang barumemiliki nama/inisial yang sama dengan versi yang akan diinstall. Klik tombol Berikut untuk melanjutkan (Lihat Gambar 10).

 

10

Gambar 10.1. Halaman Alamat Tujuan Installasi

Jika terdapat warning seperti gambar di bawah ini, tekan tombol Ya untuk melanjutkan proses installasi (Lihat gambar 10.2.).

10.1

Gambar 10.2. Peringatan Lokasi Installasi

11. Kemudian kita masuk ke Halaman Pilih Paket-Paket Pemasangan, dimana akan diinformasikan paket-paket yang akan dipasang / diinstall. Klik tombol Berikut untuk melanjutkan installasi (Lihat gambar 11).

11

Gambar 11. Halaman Pilih Paket-Paket Pemasangan

12. Konfirmasi paket-paket yang akan dipasang di Halaman Ringkasan Data Konfigurasi. Klik tombol Berikut untuk melanjutkan installasi (Lihat Gambar 12).

12

Gambar 12. Halaman Ringkasan Data Konfigurasi

13. Setelah itu kita masuk ke proses Pemasangan Paket. Apabila pemasangan telah selesai klik tombol Berikut untuk melanjutkan proses (Lihat gambar 13).

13

Gambar 13. Halaman Pemasangan Paket

14. Proses Installasi Database, tunggu sampai proses selesai lalu klik Berikut (Lihat Gambar 14).

14.o

Gambar 14.1. Proses Installasi PostgreSQL

14.11

Gambar 14.2. Proses Konfigurasi PostgreSQL

14

Gambar 14.3. Proses Installasi PostgreSQL Selesai

15. Sekarang kita memasuki Halaman Pemasangan Jalan Pintas / Shortcut Software Bee Accounting. Klik tombol Berikut untuk melanjutkan (Lihat Gambar 15).

15

Gambar 15. Halaman Pemasangan Jalan Pintas

16. Selamat ! Proses installasi Bee Accounting telah selesai dengan sukses ! Klik tombol Selesai untuk mengakhiri proses installasi (Lihat Gambar 16).

16

Gambar 16. Proses Installasi Selesai


PROFIL STYLE FASHION ACTOR & AKTRIS KOREA

to share...Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterEmail this to someone

Komentar



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya PENGERTIAN BEE ACCOUNTING DAN LANGKAH-LANGKAH INSTALL

Sunday 6 August 2017 | Uncategorized

Halo sob , kali ini saya mau update dan membagikan Ngintip Food Park : Food Court The…

Thursday 17 August 2017 | Uncategorized

Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar berharap agar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa…

Monday 26 December 2016 | Uncategorized

Solo Batik Carnival (SBC) ke V dilangsungkan pada Sabtu Malam, tanggal 30 Juni 2012, dari jam…

Saturday 24 December 2016 | Uncategorized

Pengertian Seni Batik secara umum adalah pembentukan gambar pada kain dengan menggunakan teknik tutup celup dengan menggunakan lilin…